15/07/2024 18:20
NASIONAL

Pemerintah Groundbreaking 3 Pelabuhan di Bali Senilai Rp 555 Miliar

fokusmedan : Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Bali, Wayan Koster melakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan Pelabuhan Sanur, Denpasar, Pelabuhan Sampalan dan Pelabuhan Bias Munjul, Nusa Ceningan, Kabupaten Klungkung, Bali, pada Sabtu (12/12).

Untuk pembangunan itu, Kementerian Perhubungan RI melalui APBN telah menggelontorkan anggaran dengan total sebesar Rp 555 miliar, yang terdiri dari anggaran pembangunan Pelabuhan Sanur sebesar Rp 376 miliar, untuk Pelabuhan Sampalan sebesar Rp 82 miliar, dan Pelabuhan Bias Munjul sebesar Rp 97 miliar.

Kemudian, untuk Pelabuhan Sampalan dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung itu direncanakan selesai pada akhir 2021. Sementara, Pelabuhan Sanur, Kota Denpasar direncanakan selesai pada pertengahan 2022.

Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan, bahwa pembangunan tiga pelabuhan ini merupakan program monumental dan fundamental serta bersejarah bagi masyarakat Bali. “Dengan fasilitas pelabuhan ini akan meningkatkan kualitas pelayanan transportasi untuk tiga kepentingan,” kata Koster.

Kepentingan pertama yaitu transportasi masyarakat Bali dari Sanur menuju Nusa Penida pada saat ada upacara piodalan di Pura Dalem Ratu Gede. Kedua, menjadi transportasi aktivitas harian masyarakat Bali menuju Nusa Penida dan Nusa Ceningan.

“Ketiga memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi wisatawan menuju Nusa Penida dan Nusa Ceningan,” ujarnya.

Pelabuhan Dukung Pariwisata dan Ekonomi Bali

Koster juga menyatakan, dengan keberadaan tiga pelabuhan yang berkualitas dan memadai akan mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Bali khususnya di Denpasar dan Klungkung.

Sementara Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menyampaikan, bahwa pembangunan infrastruktur ini merupakan program sesuai arahan presiden untuk mendukung peningkatan kualitas layanan transportasi publik dan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Mengingat Bali merupakan tujuan wisata dunia yang harus dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai.

“Dengan adanya pelabuhan ini, akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nusa Penida dan Nusa Ceningan sebagai destinasi wisata yang sangat diminati oleh masyarakat dunia,” ujarnya.(yaya)