15/07/2024 17:38
NASIONAL

Guru SD Positif Covid-19 Menulari 20 Orang

fokusmedan : Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Daerah Istimewa
Yogyakarta kembali menemukan klaster baru penyebaran virus corona. Kasus tersebut ditemukan di Kelurahan Srikayangan, Kecamatan Sentolo.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati mengatakan, kasus klaster baru itu berawal saat seorang guru SD melayat anggota keluarganya yang meninggal akibat corona.

Namun karena diduga tidak memiliki gejala, guru tersebut masih melakukan aktivitas seperti biasanya. Setelah mengetahui guru tersebut positif Covid-19, tim Gugus Tugas kemudian melakukan tracing kontak erat dari yang bersangkutan.

Hasilnya cukup mengejutkan. Sebab, 20 orang yang telah melakukan kontak erat dengan yang bersangkutan diketahui telah terpapar corona.

Adapun rinciannya, diketahui lima orang merupakan rekan kerjanya di sekolah dan 15 orang dari para anggota keluarga.

Untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut, pihaknya mengaku masih melakukan upaya pelacakan terhadap kontak erat lainnya.

“Kami masih melakukan pelacakan. Kami berharap tidak ada siswa yang tertular. Kami masih melakukan investigasi untuk memastikan penularan dalam klaster ini tidak melibatkan siswa,” kata Baning melansir Kompas.com, Sabtu (12/12/2020).

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kulon Progo Arif Prastowo mengatakan, untuk menghindari adanya penularan virus tersebut, aktivitas di sekolah telah ditutup sementara. Terkait dengan potensi penularan kepada siswa, Arif mengatakan kemungkinannya sangat kecil.

Sebab, selama ini aktivitas belajar mengajar di sekolah itu dilakukan secara online. Yaitu, murid belajar dari rumah sedangkan gurunya melakukan aktivitas di sekolah.

“Begitu ada kepastian positif Covid-19 di SD itu maka di sekolah itu tidak ada aktivitas apapun,” kata Arif via pesan singkat.(ng)