12/07/2024 19:42
FOKUS MEDAN

Pandemi Covid-19, Partisipasi Pemilih Pilkada 2020 Lebih Baik dari 2015

Komisioner KPU Divisi Teknis, Rinaldi Khair. AL

fokusmedan : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menyatakan, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 lebih baik dari sebelumnya.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Nana Miranti menjelaskan bahwa partisipasi pemilih dalam Pilkada 2020 lebih dari tahun 2015.

“Kalau kita lihat dari gambaran umum, kita optimis partisipasi pemilih di 2020 ini insyallah lebih baik dari 2015 kemarin,” ungkapnya, Jumat (11/12/2020).

Ia menyebutkan, data dari partisipasi pemilih belum seluruhnya selesai, namun Nana berharap Pilkada Kota Medan kali ini dua kali lipat dari Pilkada sebelumnya.

“Karena belum masuk datanya, yang jelas kita berharap kalau bisa dua kali lipat lebih dari kemarin minimal 50 persen karena belum datanya kita pegang belum ada masuk ke KPU Medan secara resmi kita belum menghitung partisipasi di 2020 ini,” tutur Nana.

Terpisah, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Teknis, Rinaldi Khair mengatakan, perkiraan partisipasi pemilih pada pilkada Kota Medan diatas 50 persen.

“Kita belum mendapatkan angka pasti, akan tetapi dari banyak informasi yang beredar baik itu dari lembaga survey dan hitung-hitungan real, yang kita dapat umumnya itu di atas 55 persen,” katanya.

Ia menyebutkan, KPU Medan optimis angka tersebut tercapai diatas 55 persen, walaupun begitu menurutnya, angka tersebut belum memenuhi target Nasional.

“Tapi kalau kita hitung dari angka target partisipasi pemilih dibanding tahun 2015 meningkat. Apalagi saat ini kita sedang mengalami masa pendemi Covid-19,” pungkasnya.

Selain itu, Rinaldi juga mengucapkan rasa bangga kepada masayarakat yang berpartisipasi dalam pilkada Kota Medan yang baru saja usai dilaksanakan.

“Meski masih berada dalam masa pandemi, artinya semangat masyarakat untuk berpartisipasi itu sebenarnya sudah sudah cukup tinggi untuk Pilkada Wali Kota Medan tahun 2020 ini,” ujar Rinaldi.(al)