12/07/2024 18:28
FOKUS MEDAN

Atasi Macet, Kemenhub RI Berikan Satu Unit Bus Sekolah ke Pemko Medan

fokusmedan : Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI memberikan satu unit bus sekolah ke Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan, Ir Wiriya Alrahman mengatakan, pemberian bus ini merupakan bagian dari program Kemenhub untuk menghadirkan dan memberikan pelayanan angkutan umum sekolah yang baik, aman dan nyaman.

“Ini adalah salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan di Kota Medan,” ungkapnya, Jumat (11/12/2020).

Ia menyebutkan, kehadiran bus sekolah tersebut merupakan program Kemenhub RI untuk membantu beberapa kota besar di Indonesia menghadirkan layanan transportasi yang aman dan nyaman bagi para siswa.

“Salah satu penyebab kemacetan di kota adalah keberadaan sekolah di pusat kota. Apalagi, para siswa banyak yang menggunakan dan diantar memakai kendaraan pribadi,” ungkapnya.

Hal tersebut tentu akan menambah volume kendaraan di jalan sehingga menyebabkan kemacetan.

Lebih lanjut, Wiriya mengungkapkan jika bus sekolah tersebut bisa digunakan secara optimal, maka dapat diprediksi mampu mengurangi kepadatan kendaraan terutama di pusat kota.

“Kita bisa membayangkan bagaimana kepadatan yang terjadi jika setiap satu siswa diantar dengan satu kendaraan pribadi. Sementara, bus sekolah ini mampu membawa 18 siswa dan pasti sudah jauh dari angka kendaraan yang ada di jalan. Artinya, angka kemacetan dapat diminimalisir,” tandas Wiriya.(al)