15/07/2024 18:13
INTERNASIONAL

Penyakit Misterius “Serang” India, Ratusan Orang Dirawat

Ilustrasi. AP

fokusmedan : Penyakit misterius telah membuat ratusan orang jatuh sakit di sebuah kota di tenggara India. Keracunan logam berat diduga sebagai penyebab penyakit misterius ini.

Selama seminggu terakhir, lebih dari 300 orang di kota Eluru, yang terletak di negara bagian Andhra Pradesh, dirawat di rumah sakit dengan gejala seperti epilepsi, termasuk kejang, kehilangan kesadaran, serta mual dan muntah. Kasus pertama dari penyakit aneh itu dilaporkan terjadi di kota Eluru, Negara Bagian Andhra Pradesh, pada akhir pekan lalu.

Dalam pemeriksaan, pasien menunjukkan gejala seperti mulai, mengalami kecemasan, kejang-kejang, hingga kehilangan kesadaran. Namun, mereka negatif Covid-19.

Berdasarkan laporan media India, jejak logam berat, seperti timbal dan nikel, ditemukan pada sampel darah setidaknya 10 pasien.

Pengawas Rumah Sakit Eluru, Dr AV Mohan kepada The Indian Express berkata, mereka mengirim sampel itu ke Institut Sains Kesehatan All India di Delhi (AIIMS).

“Sampel yang kami kirim jumlahnya kecil. Tetapi laporan mereka mengindikasikan adanya logam seperti timbal dan nikel di darah pasien,” kata dia.

Dr Mohan menerangkan, mereka akan mengirim sampel lebih banyak. Sementara itu, dia berujar 84 orang yang masih dirawat bakal segera dipulangkan.

Katamameni Bhaskar, komisaris kesehatan Andhra Pradesh mengatakan, secara tentatif telah mengidentifikasi penyebab utama dari penyakit misterius itu.

“Tetapi, kami masih belum jelas menemukan sumbernya, serta bagaimana dan mengapa bisa terjadi,” kata Bhaskar dikutip Sky News
Rabu (9/12/2020).

Bhaskar menjelaskan, berdasar pemeriksaan kandungan kimia ditemukan pada tubuh pasien. Namun, kandungan itu tak ditemukan di makanan atau air.

Karena itu, produser Sky News India Neville Lazarus berkata, tes lanjutan tengah dihelat oleh institut teknologi kimia dan lembaga sejenis lainnya.

Staf rumah sakit mengungkapkan, total ada 555 orang yang dirawat sejak penyakit itu merebak pada Sabtu. Pria beruai 45 tahun menjadi korban meninggal.

Fenomena aneh itu terjadi di tengah kondisi mengkhawatirkan sistem kesehatan “Negeri Bollywood”, karena meningkatnya kasus virus corona.

Data dari Universitas Johns Hopkins menyebutkan, India melaporkan 9,7 juta penularan Covid-19 dengan 140.500 di antaranya meninggal.(ng)