04/12/2023 19:14
FOKUS MEDAN

KPU Telah Menerima 30 Persen Rekapitulasi Suara Pilkada Kota Medan

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Nana Miranti. Ist

 

fokusmedan : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, telah menerima 30 persen rekapitulasi suara Pilkada 2020 dari 21 kecamatan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Nana Miranti menjelaskan bahwa beberapa kecamatan telah merekapitulasi suara secara bergelombang, penghitungan suara tersebut sudah menembus 1334 TPS.

“Mulai hari ini, pagi tadi secara bergelombang 21 kecamatan mulai melakukan rekaputilasi dimasing-masing kecamatan,” katanya, Kamis (10/12/2020).

“Aplikasi Sirekap itukan alat bantu yang digunakan untuk mempercepat proses publikasi hasil kepada masyarakat jadi itu alat bantu yang disiapkan KPU RI untuk kita gunakan pada proses pelaksaan pilkada serentak kali ini. Sampai saat ini sekitar 1334 dari 4303 TPS yang ada di Kota Medan sudah masuk,” sambungnya.

Ia menyebutkan, tahapan selanjutnya pascapencoblosan, pihaknya akan punya waktu hingga 17 Desember 2020 pada pengumuman hasil real count.

“Paskapemungutan suara tanggal 9 Desember kemarin, untuk selanjutnya tahapaan proses yang kita jalankan adalah tahapan rekapitulasi. Di tingkat TPS sudah dilakukan, paska di TPS dilanjutkan nanti rekapitulasi kecamatan karena rekapitulasi ini dilakukan secara berjenjang,” ungkapnya.

“Jadi nanti untuk rekapitulasi di kecamatan sesuai dengan PKPU 5 tentang program dan jadwal itu di kecamatan mulai tanggal 10 sampai 14 Desember. Kurang lebih 5 hari kemudian dilanjutkan dengan rekapitulasi ditingkap Kota Medan itu tanggal 13 sampai dengan tanggal 17 Desember,” tambahnya.

Nana mengatakan bahwa setelah diumumkan hasil real count, penetapan calon walikota/wakil walikota akan ditetapkan selanjutnya bergantung apakah ada gugatan ke MK.

“Pascapenetapan hasil kalau memang ada gugatan dan lain sebagainya itu diproses dulu baru itu kita masuk ke tahapan penetapan calon. Jadi alurnya itu cukup lumayan panjang ada beberapa tahapan lagi yang harus dilalui,” tandas Nana.

(Pian)