14/07/2024 14:17
NASIONAL

Prabowo Apresiasi Sikap Amerika Serikat Menghargai Kedaulatan Negara di ASEAN

fokusmedan : Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menuturkan Indonesia mendukung upaya peningkatan kohesi dan kerja sama antara negara-negara Asean. Khususnya hubungan antara para Menteri Pertahanan negara-negara Asean, serta negara-negara plus, di antaranya Amerika Serikat.

“Kehadiran dan komitmen AS dalam mendukung merupakan sikap menghargai kedaulatan negara-negara Asean, di mana salah satu wujud dukungan itu, berupa pemberian bantuan dalam hal darurat penanggulangan bencana,” katanya saat menghadiri sidang Asean Defence Ministers Meeting (ADMM) ke-14 secara virtual, Rabu (9/12).

Terlebih di masa Pandemi Covid-19 ini, dia menjelaskan, Indonesia berharap dapat melakukan kerja sama lebih baik lagi. Tidak hanya itu, Prabowo juga berharap hubungan antara para Menteri Pertahanan negara-negara Asean, serta negara-negara plus di antaranya Amerika Serikat bisa terjalin lebih erat. Indonesia juga mendukung Vietnam sebagai tuan rumah dalam acara tersebut.

“Sekali lagi kami mendukung Vietnam sebagai negara tuan rumah dalam acara ini, dan mengapresiasi AS untuk mendukung negara-negara Asean,” terangnya.

Prabowo mengapresiasi AS yang mendukung negara-negara Asean. Dia juga berharap Asean dapat lebih meningkatkan hubungan pertahanan yang erat.

“Melalui kegiatan internasional seperti ini, saya berharap dapat lebih meningkatkan hubungan pertahanan yang erat, saling menghargai dan menjaga kepentingan antar negara-negara,” tutupnya.(yaya)