15/07/2024 19:06
FOKUS MEDAN

Penyandang Disabilitas Antusias Ikuti Pilkada Medan 2020

Penyandang disabilitas digendong ke TPS. Ist

fokusmedan : Seorang penyandang disabilitas antusias dalam mengikuti proses pemungutan suara yang berlangsung, Rabu (9/12/2020) hari ini.

Hal ini terlihat di Kampung Sejahtera, di Jalan Taruma, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, salah seorang penyandang disabilitas mendatangi TPS dengan digendong olah pamannya.

Agus (20) penyandang disabilitas usai melakukan pemilihan mengatakan, bahwa dirinya dibantu pamannya datang ke TPS dengan cara digendong.

“Ya kedatangan saya yakni untuk memilih langsung calon walikota dan wakil walikota Medan. Tadi datang dibantu paman,” ujarnya.

Dari informasi yang diperoleh, untuk di Kampung Sejahtera tersebut terdapat empat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Panitia pemungutan suara sejak pagi tadi telah berbenah dengan melakukan penyemprotan lokasi TPS menggunakan disinfektan.

Penyemprotan dilakukan di depan pintu masuk TPS, panitia juga menyediakan hand sanitizer serta termogan untuk membuat warga nyaman dalam memilih pilihannya.

Petugas Panitia Pemungutan Suara, Hernawati mengatakan, penyelenggaraan pemungutan suara kali ini memang berbeda

“Hal tersebut dikarenakan adanya covid-19. Maka dari itu, KPU telah menyiapkan sejumlah alat seperti masker, hand sanitiser, tempat cuci tangan. hal tersebut sebagai langkah yang dilakukan petugas KPPS dalam menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Lanjutnya, bukan hanya itu, bagi pemilih yang ketika dicek suhu tubuhnya dan diatas 37 derejat, maka pemilih tersebut tetap saja boleh memilih dengan diberikan bilik khusus.

“Sehingga seluruh warga dapat memberikan hak suaranya,” ungkapnya.

Sementara warga setempat, Adly Nasution mengatakan, meski covid-19/ namun warga Kampung Sejahtera tetap antusias datang ke TPS, untuk memberikan hak suaranya.

“Pilkada kali ini diharapkan tidak menjadi klaster baru penyebaran covid-19. Karena setiap tps telah menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.

(Rio)