14/07/2024 14:47
NASIONAL

Kapolda Sumut : Pelaksanaan Pilkada Serentak Berjalan Aman dan Kondusif

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin. Ist

fokusmedan : Pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020, di Sumatera Utara (Sumut) hingga saat ini masih berjalan aman dan kondusif.

Hal ini disampaikan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin kepada wartawan, Rabu (9/12/2020). Ia mengatakan sampai saat ini juga, kata dia, belum ada laporan masalah, dari pelaksanaan Pilkada yang dilakukan serentak di 23 Kabupaten/Kota se Sumut.

“Saat ini untuk wilayah Sumut masih kondusif. Seluruh personel dari TNI Polri sudah kita geser sampai ke TPS, dan sampai sejauh ini belum ada laporan masalah. Kita berdoa semoga pelaksanaan Pilkada di 23 Kabupaten/Kota berjalan dengan aman dan tertib sampai nanti selesai perhitungan suara,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (9/12/2020).

Disinggung soal hasil perhitungan cepat, bila ada paslon yang merasa tidak puas, Martuani mengingatkan, bahwa penyelesaian masalah tersebut ada mekanismenya yakni, di Mahkamah Konstitusi (MK).

Karenanya, dia mengimbau, agar dapat bijak menggunakan hak politik dalam penyelesaian sengketa perhitungan suara tersebut.

“Ada mekanismenya sendiri untuk penyelesaian pemilu yaitu di MK. Jadi saya imbau, kita gunakan hak kita, hak politik dalam sengketa perhitungan suara,” pungkasnya.

(Riz)