22/02/2024 21:28
FOKUS MEDAN

Selama Bulan Oktober, Polrestabes Medan Tangkap 211 Tersangka Narkoba

Polrestabes Medan Jalan HM Said Medan. Ist

fokusmedan : Selama periode bulan Oktober 2020, Satres Narkoba Polrestabes Medan membekuk 211 orang tersangka narkoba.

“Ada 211 tersangka narkoba yang saat ini kita tahan dan sebagian masih proses pemberkasan berita acara pemeriksaan,” kata Kasat Reserse Narkoba Polrestabes Medan AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, Minggu (1/11/2020).

Dijelaskan, untuk jumlah tindak pidana Narkoba bulan Oktober 2020 sebanyak 157 perkara dengan jumlah tersangka sebabyak 211 orang.

Dari para tersangka ini telah disita barang bukti ganja 53,94 gram, sabu 22631,45 gram, ekstasi. 15,25 butir dan Alprazolam 4 butir.

“Barang bukti dari para tersangka yang disita sudah ada yang dimusnahkan setelah menyisihkan sebagian barang bukti untuk kepentingan penyelidikan diajukan ke Jaksa,” jelasnya.

Menurut Kasat, penindakan terhadap pemakai narkoba terus dilakukan Satres Narkoba walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dijelaskan, penindakan terhadap penyalahgunaan narkoba ini harus dilakukan semua pihak. “Semua pihak mulai dari orangtua, tokoh masyarakat, tokoh agama, pihak sekolah, kampus dan lainnya harus ikut berkomitmen memberantas peredaran narkoba,” jelasnya.

Terutama yang terkecil dari keluarga dan lingkungan sekiyar. Kalau ada mengetahui dan melihat adanya pemakai serta transaksi narkoba segera laporkan kepada kepolisian setempat.

“Jangan takut memberitahukan kepada pihak kepolisian demi menyelamatkan anak cucu kita agar bebas dari narkoba,” kata AKBP Ronny.

Dijelaskan, narkoba ini tidak memandang siapa calon korbannya. “Karena anak-anak pun bisa menjadi korban, apalagi remaja dan orangtua. Kalau sudah kecanduan narkoba apa pun mau dilakukan korbannya seperti mencuri, merampok serta membunuh demi mendapatkan narkoba.

Untuk itu lanjutnya, diharapkan semua pihak agar bersama-sama melakukan pengawasan terhadap keluarga dan lingkungan sekitar agar generasi muda kita bisa terselamatkan dari bahaya narkoba.

(Rio)