19/04/2024 22:12
NASIONAL

PM Jepang Akan Berkunjung ke Indonesia Bahas Pandemi Covid-19

fokusmedan : Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, Perdana Menteri (PM) Jepang  akan berkunjung ke Indonesia pada 20-21 Oktober.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, PM Jepang akan membahas penanganan Covid-19dengan Presiden Joko Widodo.

“Diperkirakan kedua pemimpin akan membahas kerja sama dalam konteks pandemi, baik dari aspek kesehatan maupun dari aspek bagaimana meningkatkan kerja sama ekonomi,” kata Retno dalam konferensi pers virtual di tengah lawatannya ke Jenewa, Swis, Jumat (16/10/2020).

“Dan bagaimana dua negara dapat berkontribusi dalam perdamaian atau stabilitas kawasan atau dunia, termasuk dalam konteks ASEAN dan Indo-Pasifik,” ucap Retno.

Rencana kunjungan ini sudah secara resmi disampaikan oleh Pemerintah Jepang pada Jumat ini.

Kunjungan ke Indonesia merupakan salah satu rangkaian kunjungan pertama Perdana Menteri Suga ke luar negeri.

PM Suga juga akan mengunjungi Vietnam yang tahun ini menduduki posisi sebagai Ketua ASEAN. Retno mengatakan, Indonesia menyambut hangat rencana kunjungan Suga.

Menurut dia, kunjungan ini menunjukkan komitmen Jepang untuk terus meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia dan menerjemahkan kemitraan strategis yang telah dimiliki oleh kedua negara.

“Kunjungan ini juga menunjukkan spirit kerja sama yang memang harus terus dikedepankan oleh negara dunia, terutama di tengah situasi yang tidak mudah ini,” kata Retno.