20/04/2024 2:39
INSPIRASI

Konjen RRT di Medan dan Perhimpunan MITSU Salurkan 3.000 Paket Sembako

Penyerahan bantuan sembako secara simbolis. Ist

fokusmedan : Konjen Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Medan dan Perhimpunan Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumatera Utara (MITSU) kembali menyalurkan sebanyak 3.000 paket sembako. Bantuan diberikan kepada 22 Lembaga Adat Se-Kota Medan melalui Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Medan.

Penyerahan bantuan sembako yang dipusatkan di Gedung MITSU Kampus Hijau Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasioanl Asia (STBA-PIA), Jumat (16/10/2020).

Bantuan tersebut berupa beras 10 kg, gula pasir 2 kg dan minyak goreng 2 liter sebanyak 2.000 paket dari Konjen RRT di Medan dan 1.000 paket dari Perhimpunan MITSU tersebut. Secara simbolis diserahkan Ketua Harian Perhimpunan MITSU Juswan Tjoe mewakil Konjen RRT di Medan Madam (Mdm.) Qiu Wei Wei dan Ketua Umum Perhimpunan MITSU Fajar Suhendra kepada Ketua FPK Kota Medan Prof Wan Syaifuddin MA PhD didampingi Wakil Ketua Dr dr H Delyuzar MKed (PA) Sp PA (K) dan Sekretaris Arwin Harahap MSi mewakilil para tokoh etnis/lembaga adat di Kota Medan.

Mdm. Qiu Wei Wei dalam sambutan secara online tersebut mengemukakan, sejak merebaknya pandemi, Tiongkok dan Indonesia telah saling membantu dan saling memberikan dukungan yang kuat dan bantuan yang tulus. Presiden RRT Xi Jinping dan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), ujar Qiu Wei Wei, telah melakukan komunikasi melalui telepon sebanyak 3 kali dan saling bertukar surat dan telegram.

“Kedua Negara terus memperkuat kerjasama dalam memerangi pandemi dan pemulihan ekonomi. Pada 9 Oktober 2020 ketika Anggota Dewan Negara merangkap Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi bertemu dengan Utusan Khusus Presiden Indonesia yang juga merupakan pemimpin kerjasama dengan Tiongkok, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Panjaitan menyatakan bahwa tahun ini menandai peringatan 70 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Indonesia,” sebut Mdm. Qiu Wei Wei.

Dia menambahkan, kesempatan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan oleh kedua negara untuk terus memantapkan rasa kepercayaan politik dan memperdalam kerjasama yang saling menguntungkan dengan memerangi pandemi dan pemulihan ekonomi sebagai dua jalur utama.

“Semoga bantuan sembako yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan disalurkan kepada masyarakat etnis/lembaga adapt yang berhak, khususnya yang terdampak Virus Corona atau Covid-19 yang masih mewabah,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Perhimpunan MITSU, Juswan Tjoe mewakili Ketua Umum Perhimpunan MITSU, Fajar Suhendra menyebutkan, MITSU mewakili Konjen RRT memberikan bantuan sembako kepada masyarakat etnis/lembaga adapt yang ada di Kota Medan yang penyalurannya melalui FPK Kota Medan.

“Tujuan bantuan 2.000 paket sembako yang diberikan Konjen RRT murni sebagai bentuk bantuan kemanusiaan dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih mewabah khususnya di Kota Medan,” ujarnya.

Semoga, tambahnya,melalui FPK Kota Medan ini diharapkan mereka bisa menyalurkan bantuan tersebut kepada masing-masing masyarakat etnis/lembaga adat yang ada di Kota Medan.

Demikian juga Perhimpunan MITSU juga memberikan 1000 paket sembako dengan isi yang sama. Semoga bantuan yang diberikan tersebut dapat disalurkan dan bermanfaat bagi masyarakat etnis/lembaga adat yang menerimanya.

Sementara, Ketua FPK Kota Medan Prof. Wan Syaifuddin menyampaikan terima kasih kepada Pemerintahan RRT dalam hal ini Konjen RRT di Medan dan Perhimpunan MITSU yang telah memberikan sebanyak 3000 paket sembako yang akan disalurkan kepada kurang lebih 22 masyarakat etnis/lembaga adat yang ada di Kota Medan.

“Semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi yang berhak menerimanya. Dan diharapkan dalam penyaluran bantuan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni jaga jarak, tetap memakai masker dan hindari kerumunan,” harap Wan Syaifuddin.(ng)