Dua Security Pelempar Batu dari Atap DPRD Medan Diamankan

Dua security diamankan polisi. Ist

fokusmedan : Polisi mengamankan dua orang pelaku pelemparan batu dari atas gedung DPRD Kota Medan.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Kompol Martuasah Tobing mengatakan kedua pelaku yang diamankan yakni ABH (23) dan AJ (23). Keduanya merupakan security diamankan petugas di dua lokasi pada Jumat (9/10/2020).

“Tersangka ABH kita amankan saat berjaga di pos I DPRD Kota Medan. Sementara AJ kita amankan di Jalan Rakyat, Simpang Masjid Taufik, Medan Perjuangan,” kata Martuasah, Selasa (13/10/2020).

Penangkapan kedua berawal saat aksi unjuk rasa tolak Omnibus Law di Depan Kantor DPRD Sumut berakhir ricuh. Kericuhan kemudian melebar ke kawasan Plaza Palladium tepat di depan DPRD Kota Medan.

“Sejumlah pendemo saat itu melempari Kantor DPRD Kota Medan dengan menggunakan batu,” ujarnya.

ABH dan AJ yang saat itu tengah berjaga kemudian menyelamatkan diri masuk ke kantor DPRD Kota Medan. Keduanya kemudian naik ke lantai VI DPRD Kota Medan dari lift parkiran.

Sesampai di lantai VI, keduanya kemudian berjalan kaki menaiki tangga menuju lantai VII.

“Tiba di atap gedung dewan, AJ kemudian melempar batu ke arah demonstran sebanyak lima kali. Sedangkan AJ melempar batu sebanyak tiga kali,” ucapnya.

Kepada petugas, keduanya mengaku nekat melempar massa dengan menggunakan batu karena merasa sakit hati. Keduanya mengaku terkena lemparan batu dari massa saat kericuhan terjadi.

“Selain mengamankan kedua tersangka, petugas juga menyita rekaman CCTV saat keduanya naik ke lantai 6 Gedung DPRD Kota Medan,” ucapnya.

(Rio)