Rupiah Menguat Tajam, IHSG Flat Menguat

fokusmedan : Kinerja Rupiah menguat tajam pada sesi pembukaan perdagangan di level 14.680 per US Dolar dan sejauh ini sempat menguat dikisaran 14.665 per US dolarnya. Kinerja mata uang Rupiah membaik seiring dengan pelaku pasar yang optimis bahwa AS akan kembali menggelontorkan stimulusnya.

Di sisi lain, IHSG bergerak melemah tipis di level 5.036,48. Namun sejauh ini IHSG berada di zona positif dengan membukukan kenaikan tipis 0.096% di level 5.043,98.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, di akhir pekan ini, sepertinya hanya rupiah yang akan bergerak menguat hingga sesi penutupan perdagangan. Sementara IHSG masih akan bergerak sideways dengan kecenderungan yang sulit diprediksikan.

“Akan tetapi menurut hemat saya, IHSG akan bergerak tidak jauh dari level 5.030 hingga sesi penutupan perdagangan nantinya,” katanya, Jumat (9/10/2020).

Pada dasarnya posisi US Dolar berada dalam tekanan yang dilematis. Sikap Presiden AS Donald Trump yang sejauh ini masih belum memberikan lampu hijau perundingan stimulus. Justru di sisi lain, akan menimbulkan ekspektasi buruk terhadap perkembangan ekonomi AS itu sendiri.(ng)