Lawan Covid-19 di Dunia, China Dukung Fasilitas Vaksin COVAX

Ilustrasi vaksin Covid-19. Reuters

fokusmedan : Kementerian luar negeri China mengatakan, negara tersebut telah resmi bergabung dengan fasilitas COVAX untuk mendukung percepatan dan perkembangan vaksin Covid-19. China sebagai negara ekonomi terbesar berjanji memberi dukungan untuk membantu membiayai dosis bagi negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Seperti melansir Reuters, Jumat (9/10/2020), pihak Kementerian tidak memberikan rincian tentang tingkat dukungan yang akan diberikan Beijing. Meskipun Presiden Xi Jinping pada Mei menjanjikan $ 2 miliar (Rp29,5 triliun) selama dua tahun ke depan untuk membantu menangani pandemi virus corona yang telah merenggut lebih dari 1 juta nyawa hingga saat ini.

“Kami mengambil langkah konkret ini untuk memastikan distribusi yang adil dari vaksin, terutama ke negara berkembang. Dan berharap negara yang lebih mampu juga akan bergabung dan mendukung COVAX,” kata juru bicara kementerian luar negeri China, Hua Chunying.

Fasilitas COVAX, yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bertujuan untuk memberikan setidaknya 2 miliar dosis vaksin pada akhir tahun 2021.

WHO mengatakan telah bernegosiasi dengan China untuk meminta negara itu dalam inisiatif, dengan Rusia dan Amerika Serikat sejauh ini memilih untuk tidak bergabung.

Hua dari kementerian luar negeri China juga mengatakan, China memiliki kemampuan manufaktur vaksin Covif-19 yang cukup dan akan memprioritaskan penyediaan negara berkembang ketika vaksin sudah siap.(ng)