IHSG dan Rupiah Mampu Melewati Pekan yang Berat

fokusmedan : Kondisi pasar keuangan pada hari ini masih mampu bergerak menguat. Tidak ada sentimen besar yang menggerakkan pasar.

IHSG sendiri bergerak tidak jauh dari posisi 5.030 sepanjang sesi perdagangan. Sempat menguat dan menjauh dari level tersebut. IHSG di sesi menjelang penutupan sempat berbalik turun namun di waktu penutupan IHSG kembali menguat di level 5.053,66.

Sementara itu, mata uang Rupiah bergerak menguat, meskipun sempat menguat di level 14.665 per US Dolar. Rupiah disesi perdagangan selanjutnya secara perlahan mengalami tekanan, dan terus berbalik arah dan ditutup di level 14.710 per US Dolar.

Menurut Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, di akhir pekan ini, IHSG dan Rupiah masih mampu ditutup di zona hijau setelah selama beberapa hari diwarnai aksi demonstrasi menolak Ciptaker.

“Akan tetapi, meskipun berada dalam tekanan aksi demonstrasi, kinerja IHSG dan Rupiah terbilang tidak begitu terpengaruh dan bahkan cenderung bergerak menguat,” katanya, Jumat (9/10/2020).

Ia menambahkan IHSG dan rupiah telah melewati minggu berat. Dan dipekan depan, tanpa ada aktifitas yang serupa, IHSG dan Rupiah akan bergerak mengikuti perkembangan ekonomi baik eksternal dan internal terrmasuk update terbaru mengenai penyebaran virus Covid-19.(ng)