Penukaran UPK 75 Ribu di BI Sumut Capai 109.579 Bilyet

fokusmedan : Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 ribu di Bank Indonesia (BI)  Kantor Perwakilan (Kpw) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mencapai.109.579 bilyet. Uang tersebut diluncurkan pada 17 Agustus 2020 lalu.

Kepala Kpw BI Provinsi Sumut Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, jumlah ini berdasarkan penukaran yang dilakukan sejak awal penukaran di tanggal 18 Agustus lalu hingga 5 Oktober kemarin.

“Jumlah yang tersebar ini memang sesuai, karena kita kan memang masih membatasi jumlah penukar dalam perhari, sebagai dampak penerapan protokol kesehatan,” ujarnya, Selasa (6/10/2020).

Wiwiek menyebutkan, persyaratan untuk mendapatkan UPK ini memang terkesan kaku, karena memang hanya boleh 1 kali menukar berdasarkan KTP. Tetapi ini lebih bertujuan untuk pemerataan.

“Bayangkan kalau kita bebaskan, tanpa berdasarkan KTP. 75 juta lembar yang dicetak itu bisa dimiliki oleh satu orang, karena jika ditotal hanya membutuhkan dana sekitar Rp6 triliun,” katanya didampingi Direktur BI Provinsi Sumut Andiwiana S dan Ibrahim.

Ditambahkannya, untuk mempermudah masyarakat mendapatkan UPK 75 ribu, BI sendiri sudah membuka penukaran secara kolektif, termasuk perusahaan atau instansi yang mau menukar.

“Jadi kalau jumlah yang ditukar banyak, bisa kami yang mendatangi ke perusahaan atau kantor instansi,” tambahnya.

Dari 75 juta bilyet UPK 75 ribu yang dicetak, Sumatera Utara mendapatkan 3,6 juta bilyet. Uang tersebut disalurkan melalui 3 Kpw yakni Kpw Medan 2 juta bilyet, Kpw Pematangsiantar 900 ribu bilyet, dan 700 ribu bilyet melalui Kpw Sibolga.(ng)