IHSG Masih Terombang Ambing, Rupiah Lanjut Menguat

fokusmedan : Kinerja IHSG masih seperti hari-hari sebelumnya, dibuka menguat, namun selanjutnya mengalami tekanan. Pada sesi pembukaan perdagangan hari ini, IHSG menguat di level 4.896,43 dan IHSG seakan masih bimbang untk menentukan pergerakannya.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, dengan situasi di mana bursa global saat ini bergerak stabil dan cenderung turun, IHSG pun sepertinya masih sulit untuk menentukan arah pergerakan selama belum ada sentimen yang benar-benar kuat mempengaruhi pasar keuangan. Fokus pelaku pasar tengah tertuju kepada debat CAPRES di AS.

“Pasar tengah melakukan kalkulasi terkait siapa yang akan menang nantinya, dan bagaimana wajah ekonomi dunia jika dipimpin dengan kandidiat yang mungkin menang tersebut. Mengingat sampai saat ini pun AS masih menjadi lokomotif ekonomi dunia disusul oleh China,” ujarnya, Rabu (30/9/2020).

Di sisi lain, mata uang Rupiah mengalami penguatan di level 14.860 per US Dolar di sesi perdagangan pagi ini.

Rupiah terlihat lebih memiliki arah pergerakan yang lebih jelas, memanfaatkan momentum kebijakan stimulus AS yang nantinya akan membuat US Dolar akan banyak beredar dan berpeluang menekan kinerja mata uang US Dolar itu sendiri.(ng)