Prakerja Gelombang 10 Ditutup, Kuota 116.261 Orang

fokusmedan : Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10 telah ditutup. Pengumuman peserta yang lolos gelombang 10 Prakerja akan segera diumumkan.

Pengumuman peserta yang lolos Kartu Prakerja gelombang 10 dapat dilihat di dashboard www.prakerja.go.id atau pemberitahuan melalui SMS.

Kuota Kartu Prakerja gelombang 10 hanya hanya 116.261 orang. Selanjutnya bagi penerima Kartu Prakerja yang telah dinyatakan lolos wajib untuk segera memilih dan mengikuti pelatihan yang disediakan.

Sebab, mengikuti pelatihan merupakan syarat untuk untuk mendapatkan insentif dari pemerintah sebesar Rp 2,4 juta. Insentif tersebut diberikan secara bertahap dalam waktu 4 bulan dengan besaran Rp 600.000 setiap bulannya.

Akan tetapi, penerima Kartu Prakerja hanya memiliki waktu 30 hari untuk memilih pelatihan pertamanya.

“Semua penerima KP untuk segera melakukan pembelian pelatihan pertamanya sebelum 30 hari sejak lolos seleksi,” kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengutip Kompas.com, Selasa (29/9/2020).

Jangka waktu pemilihan itu dihitung sejak peserta mendapatkan pemberitahuan penetapan sebagai Penerima Kartu Prakerja dan melengkapi data secara daring melali laman resmi Kartu Prakerja dan jika penerima Kartu Prakerja tidak melakukan pelatihan dalam jangka waktu itu, maka status kepesertaannya akan dicabut.

Apabila status kepesertaan Kartu Prakerja dicabut, maka peserta tidak dapat mengikuti kembali Program Kartu Prakerja atau di-blakclist.

Hingga saat ini, sudah ada 227.818 penerima Kartu Prakerja yang status kepesertaannya dicabut karena tidak memilih pelatihan pertamanya, termasuk 47.818 orang dari gelombang 5.

Untuk penerima Prakerja gelombang 6, kata Louisa, batas waktu pemilihan pelatihan adalah Jumat (2/10/2020) pukul 23.59 WIB.

Sejak Maret 2020, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja telah melakukan sosialisasi di berbagai kanal, membuat FAQ, dan menyediakan berbagai saluran untuk masyarakat apabila memiliki pertanyaan.

Pihak manajemen juga akan mengirimkan SMS pengingat kepada semua penerima tujuh hari sebelum kadaluarsa (30 hari).

Ia mengingatkan, gelombang lain akan kedaluwarsa secara berurutan sesuai dengan pengumuman hasil seleksi setiap gelombang.(ng)