24/02/2024 17:27
NASIONAL

Wagubsu Isi Kuliah Perdana Program Pascasarjana Poltekpar Medan

 

fokusmedan : Wakil Gubernur Sumatera Utara, H. Musa Rajekshah, M.Hum mengisi kuliah perdana, Kamis (17/9/2020). Kegiatan yang digelar oleh Program Pascasarjana (S2) Magister Terapanan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata-Poltekpar Medan dalam bentuk Studium Generale dilaksanakan secara daring melalui zoom cloud meeting.

Kegiatan Studium Generale Pascasarjana ini dipandu langsung oleh Bapak Dr. Emrizal, S.Sos., M.T. selaku Direktur Pascasarjana Poltekpar Medan.

Wagubsu menyampaikan pemikiran dan ide tentang Kebijakan Pengembangan Pariwisata Regional Sumatera Utara Pasca Covid-19.

Dalam paparannya, ia berpesan agar mahasiswa Pascasarjana Poltekpar Medan turut memikirkan dan berkontribusi dalam pengembangan pariwisata di Sumatera Utara.

“Salah satu aspek yang perlu dikaji dan dicarikan solusi oleh mahasiswa adalah bagaimana pariwisata bisa bertahan dan bangkit di era pandemi saat ini,” katanya melalui siaran pers, Senin (21/9/2020).

Sementara itu, Direktur Politeknik Pariwisata Medan Anwari Masatip mengatakan, Studium Generale atau kuliah umum merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan di perguruan-perguruan tinggi sebagai penambah wawasan baru yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Di Politeknik Pariwisata Medan, Studium Generale merupakan salah satu kegiatan wajib yang rutin dilaksanakan setiap tahun ajaran baru.

“Studium Generale adalah salah satu tradisi akademik perguruan tinggi yang selalu kami jaga hingga saat ini. Melalui kuliah umum kita mengundang narasumber yang akan memberikan pemikiran-pemikiran yang dapat membantu kita semua untuk membuka cakrawala dan memperkaya penalaran seluruh civitas akademika sebagai peserta,” ujarnya.

Ia melanjutkan, wawasan baru pada saat  kuliah umum sangat diperlukan untuk meningkatkan mutu internal yang turut memperkuat pengendalian mutu eksternal yang sudah dilaksanakan melalui proses akreditasi dan penghargaan. Kita harus mengingat juga semua pemangku kepentingan dari produk pendidikan adalah jasa yaitu sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki intelektual tinggi, tapi juga moral dan budi pekerti yang baik.

“Kita harus memastikan setiap orang mempunyai motivasi dan minat yang tinggi dalam proses pembelajaran,” pungkasnya.

Studium Generale ini diikuti oleh 21 mahasiswa baru Program Pascasarjana Poltekpar Medan dan civitas akademika Poltekpar Medan.

Turut menjadi narasumber adalah Bapak Dr. A. Gima Sugiama, S.E, MP. yang menyampaikan materi tentang Strategi Sukses Kuliah di Magister Terapan Pariwisata dan Dr. Mila Mardotillah SKM.,M.Kes. yang membahas Isu Pariwisata Global Terkini (Pandemi, Kesehatan, Higiene Sanitasi dan Respon Kebijakan).(ng)