Granat Manggis Peninggalan Perang Dunia ke 2 Ditemukan di Langkat

Brimob Polda Sumut mengevakuasi granat. Ist

fokusmedan : Warga yang bermukim di Perumnas Asabri Desa Air Hitam Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat, digegerkan dengan penemuan granat sisa peninggalan perang dunia, Sabtu (12/9/2020) malam.

Granat jenis manggis ini ditemukan pria bernama Pangeran Dayatullah (34) warga Blok I No 06, saat dia sedang membersihkan belakang rumahnya.

Namun ketika Pangeran memindahkan tanaman Temulawak miliknya, pada akar tanaman itu terlihat ada benda serupa dengan granat. Mendapati ini Pangeran pun lalu membawanya masuk ke dalam rumahnya.

Atas temuannya itu, Pangeran pun kemudian melaporkannya ke Polsek Gebang. Selanjutnya atas petunjuk personel Polsek, benda yang diduga granat itu di letakkan kembali di Pohon Pisang. Lalu oleh pihak Polsek menghubungi Unit Jibom Detasemen Sat Brimob Polda Sumut.

“Benar, ada ditemukan bom jenis Granat Manggis oleh warga pada saat sedang memindahkan tanaman temulawak,” ungkap Kanit Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut, Iptu Ronny Sarko, Minggu (13/9/2020).

Setelah mendapatkan laporan, Subden Jibom Brimob Polda Sumut kemudian turun ke lokasi untuk melakukan penanganan dan berkoordinasi dengan Kapolsek Gebang AKP Ricson Sinaga untuk melakukan pendisposalan (musnahkan) pada granat tersebut. Namun karena saat itu waktu dan tempat yang tidak memungkinkan, pendisposalan pun dilakukan di Lapangan Martabe pukul 08.30 WIB.

Sebelum disposal dilakukan, personel terlebih dahulu menyiapkan bahan peledak. Proses disposal itu pu. dilakukan dengan aman dan lancar dengan kondisi granat hasilnya hancur.

“Kita sudah mengecek kondisi bom yang didisposal, dan hasilnya hancur,” pungkasnya.

(riz)