24/02/2024 16:46
NASIONAL

Di Pertemuan G20, Mentan Paparkan Sektor Pertanian Berkontribusi 14% Terhadap PDB Saat Pandemi

 

fokusmedan : Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menekankan peran penting sektor pertanian dan kontribusinya terhadap PDB Indonesia di tengah pandemi Covid-19-19, saat menghadiri pertemuan virtual Menteri Pertanian dan Irigasi G20, Sabtu (12/9/2020) malam.

Mentan Syahrul menegaskan pertemuan G20 ini sangat penting dalam upaya akselerasi pembangunan pertanian mengingat peran sektor pertanian di tengah dampak pandemi menjadi penyelamat perekonomian negara.

Oleh karena itu, pertemuan ini merupakan wadah untuk dapat saling berbagi pandangan dalam rangka pencapaian pertanian berkelanjutan dan ketahanan pangan.

“Peran sektor pertanian di Indonesia saat ini cukup signifikan, yang terlihat dari kontribusinya terhadap total PDB mencapai 14 persen dan menyediakan lapangan kerja bagi hampir separuh total penduduk,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (13/9/2020).

Mentan Syahrul juga menyebutkan peningkatan pertumbuhan PDB sektor pertanian sekitar 2,19 persen dibandingkan tahun sebelumnya (year on year).

Pada kuartal II 2020 ini juga pertanian menunjukkan capaian pertumbuhan hingga 16,24 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Dalam pertemuan tersebut, hadir pula Menteri Lingkungan Kerajaan Arab Saudi Abdulrahman A Alfadley selaku tuan rumah penyelenggara, serta para menteri pertanian dan irigasi anggota G20, perwakilan negara dan organisasi internasional.

Syahrul membeberkan di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia terus mendorong peran penting sektor pertanian dalam menciptakan lapangan kerja di pedesaan, memberikan perlindungan sosial, meningkatkan pendapatan keluarga petani, serta memastikan ketahanan pangan nasional.

Mentan menambahkan Indonesia juga terus mendorong pemanfaatan teknologi digital dan inovasi sebagai komponen penting dalam mewujudkan sistem pangan berkelanjutan, inklusif dan tangguh, di tengah goncangan akibat pandemi Covid-19.

“Dalam pertemuan ini, saya mengajak seluruh Menteri Pertanian G20 dan organisasi internasional untuk berkolaborasi dalam penanganan dampak pandemi Covid-19 terhadap sistem pangan global,” pungkasnya.(ng)