Daerah Zona Merah dan Oranye Covid-19 Terus Bertambah

fokusmedan : Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan, selama tiga pekan terakhir terjadi peningkatan jumlah daerah zona merah (risiko tinggi) dan zona oranye (risiko sedang).

Hal itu sekaligus berdampak pada turunnya jumlah daerah zona hijau (tanpa risiko) dan zona kuning (risiko rendah).

“Selama tiga minggu terakhir ini terjadi peningkatan kabupaten kota yang masuk kepada risiko tinggi. Begitu juga kenaikan pada tiga minggu terakhir yang masuk pada zona oranye,” katanya melansir kompas.com, Rabu (9/9/2020).

Adapun berdasarkan perubahan zona risiko dibandingan dengan minggu, data terbaru pada 6 September menunjukkan daerah berstatus zona merah meningkat dari 65 menjadi 70 kabupaten kota.

Sedangkan daerah zona oranye meningkat dari 230 menjadi 267 kabupaten kota bila dibandingkan data pada 30 Agustus.

Sementara itu jumlah daerah zona kuning berkuran dari 151 menjadi 114 kabupaten kota. Selanjutnya pengurangan pada zona hijau dari yang sebelumnya berjumlah 68 menjadi 65 kabupaten kota.

“Jadi selama tiga minggu terkahir terjadi peningkatan jumlah kasus dan daerah ke risiko lebih tinggi yaitu sedang dan tinggi. Perlu menjadi perhatian kita semua agar kondisi ini diperbaiki,” pungkasnya.(ng)