Pertamina Apresiasi Konsumen di Hari Pelanggan

Apresiasi ke pelanggan.Ng

fokusmedan : Pandemi corona menyebabkan banyak usaha di berbagai sektor terdampak, tidak terkecuali sektor penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang juga mengalami penurunan.

“Tidak dipungkiri, untuk Provinsi Sumatera Utara saja, pada masa awal pandemi Covid-19, penjualan produk BBM Pertamina sempat turun, hingga mencapai 28%,” ujar Unit Manager Comm. Rel. & CSR MOR I, M. Roby Hervindo, Jumat (4/9/2020).

Akan tetapi, lanjutnya, sejak masyarakat mulai memberlakukan adaptasi kenormalan baru serta dorongan semangat warga untuk berjuang menjalankan roda perekonomian. Secara tidak langsung juga menyebabkan terjadi tren positif pertumbuhan konsumsi BBM di wilayah Sumatera Utara, khususnya BBM berkualitas.

Berdasarkan catatan Pertamina, jika dibandingkan rerata harian normal masa pandemi. Dalam beberapa bulan terakhir, tren peningkatan konsumsi BBM berkualitas di Sumut terus mengalami peningkatan.

“Selama bulan Agustus, konsumsi¬† BBM berkualitas jenis gasoline (bensin) mengalami peningkatan, seperti Pertalite meningkat sebesar 11%,¬† untuk Pertamax meningkat 19% bahkan untuk Pertamax Turbo melonjak signifikan sebesar 55%,” jelas Roby.

Sedangkan untuk Produk gasoil (diesel), peningkatan BBM Berkualitas seperti Pertamina Dex, konsumsi rerata hariannya juga naik sebesar 34%, disusul dengan Dexlite yang naik sebesar 27%. Jika dibandingkan rerata harian di masa pandemi.

“Hal ini juga mengindikasikan, selain adanya peningkatan mobilitas kendaraan warga selama beberapa bulan terakhir, kesadaran warga Sumut akan penggunaan BBM berkualitas yang ramah lingkungan juga meningkat,” lanjut Roby.

Senada di sektor Elpiji, rerata konsumsi harian Bright gas 12 kilogram (kg) dan Bright gas 5,5 kg di wilayah Sumatera Utara pun menunjukkan tren peningkatan. Jika dibandingkan saat pandemi, tercatat terjadi peningkatan konsumsi sebesar 26 persen untuk Bright gas 12 kg, lalu terdapat peningkatan sebesar 13 persen untuk Brightgas 5,5 kg selama bulan Agustus.

“Dengan beragam tren peningkatan penjualan produk BBM berkualitas Pertamina tersebut, maka di hari pelanggan kali ini, serentak di beberapa wilayah seluruh Indonesia, akan kami berikan apresiasi langsung kepada konsumen pelanggan Pertamina, berupa souvenir menarik,” kata Roby.

Di Kota Medan misalnya, terdapat beberapa SPBU yang memberikan langsung souvenir menarik kepada pelanggan, salah satunya SPBU 14.201.1166 Singapore Station di Jalan Adam Malik.

Roni salah satu konsumen Pertamax yang mendapatkan bingkisan mengatakan, ia memilih Pertamax sebagai bahan bakar utama mobilnya karena mesin lebih ringan dan BBM lebih hemat.

Ia juga berharap, Pertamina terus memberikan yang terbaik kepada pelanggan baik dari segi kualitas ataupun harga.(nty)