KPU Minta Satpol PP Turut Kawal Pendaftaran Pilkada Serentak

fokusmedan : Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman meminta Satuan PolisiĀ Pamong Praja atau Satpol PP untuk turut mengawal keamanan dan ketertiban penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020. Terutama saat pendaftaran calon kepala dan wakil kepala daerah pada 4 hingga 6 September mendatang.

Hal itu dikatakan Arief dalam Rapat Kesiapan Satpol PP dan Satlinmas dalam Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 yang disiarkan melalui daring, Jumat (4/9).

“Kami perlu dukungan dari para pihak khususnya Satpol PP untuk ikut menjaga ketertiban dan keamanan selama proses pendaftaran berlangsung,” tutur Arief.

Sebagai informasi, mulai hari ini Jumat hingga Minggu (6/9), KPU membuka pendaftaran para calon kepala dan wakil kepala daerah yang ingin bertarung dalam kontestasi Pilkada Serentak 2020. Hingga saat ini, kata Arief sudah ada beberapa daerah yang menerima pendaftaran dari sejumlah pasangan calon kepala daerah.

“Hari ini kami sudah mulai menerima laporan beberapa daerah sudah menerima pendaftaran tadi pagi jam 10. Sebagian besar yang hari ini melakukan pendaftaran pukul 2 siang,” beber dia.

Arief menambahkan, pendaftaran setiap harinya akan ditutup pada pukul 16.00. “Kecuali hari terakhir itu diberi kesempatan sampai dengan pukul 24.00 waktu setempat,” jelas dia.(yaya)