18/04/2024 12:20
FOKUS MEDAN

3 Jam Diverifikasi, Berkas Bobby Nasution-Aulia Rachman Diterima KPU Medan

fokusmedan : Bakal pasangan calon (bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, M Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman, telah melewati satu langkah untuk ikut serta pada Pilkada mendatang. Berkas pencalonan mereka diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan setelah sekitar 3 jam diverifikasi, Jumat (4/9).

Tanda terima diserahkan Ketua KPU Kota Medan Agussyah R Damanik kepada Bobby-Aulia seusai verifikasi berkas. Dia mengatakan, mereka telah menggelar rapat pleno terkait status pendaftaran bapaslon ini.

Berdasarkan hasil verifikasi penelitian berkas syarat pencalonan dan syarat calon, dokumen-dokumen pasangan Bobby-Aulia dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat. “Kami ucapkan selamat kepada pasangan calon yang telah melewati proses pendaftaran ini,” ucap Agussyah.

Bobby dan Aulia juga diberikan surat pengantar untuk tahapan pemeriksaan kesehatan, jasmani, rohani dan bebas narkotika. Pemeriksaan psikologi akan dilaksanakan di Ballroom Santika Premium Dyandra Hotel pada Selasa (8/9), sedangkan pemeriksaan kesehatan dan bebas narkotika akan dilaksanakan di Instalasi Pelayanan Eksekutif Lantai 1 dan Lantai 2 RSUP H Adam Malik Medan pada Rabu (9/9).

Bakal pasangan calon harus membawa fotokopi dan KTP asli saat pemeriksaan kesehatan. “Ada beberapa ketentuan yang harus dilakukan oleh bapaslon, yakni harus melakukan puasa mulai pukul 20.00 WIB. Hanya diperkenankan minum air putih sebelum pelaksanaan pemeriksaan kesehatan,” saran Agussyah.

Agussyah menambahkan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan syarat calon pada Minggu (6/9) hingga Senin (14/9). Jika ada yang masih perlu perbaikan, akan disampaikan kepada bapaslon atau timnya untuk dipenuhi.

Pasangan Bobby-Aulia diusung 8 partai yang menguasai 39 kursi di DPRD Medan, yakni PDIP, Partai Gerindra, Golkar, NasDem, Hanura PAN, PSI, dan PPP. Mereka kemungkinan akan menghadapi kandidat yang diusung PKSĀ berkoalisi dengan Partai Demokrat yang menguasai 11 kursi di DPRD Medan, yakni Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, berpasangan dengan Salman Alfarisi. Mereka berencana mendaftar ke KPU Kota Medan, Sabtu (5/9) besok.(yaya)