PN Medan ‘Lockdown’, 38 Pegawai Dinyatakan Positif Covid-19

Wakil Ketua PN Medan. Ist

fokusmedan : Pengadilan Negeri (PN) Medan akan memberlakukan ‘lockdown’ selama 7 hari ke depan mulai, Jumat (4/9/2020) hingga Jumat (11/9/2020) mendatang.

Langkah ini berdasarkan hasil swab dan rapid tes yang dilaksanaan PN Medan pada pekan lalu, sebanyak 38 orang pegawai di jajaran PN Medan dinyatakan positif Covid 19, Kamis (3/9/2020).

Wakil Ketua PN Medan, Abdul Aziz yang ditemui sejumlah wartawan menyebutkan, 38 orang yang dinyatakan positif Covid 19 itu diantaranya terdiri dari 13 orang hakim dan 25 orang pegawai.

“Ada 38 orang dinyatakan positif dari hasil swab dan rapid tes yang dilaksanakan pekan lalu. Jadi bagi yang dinyatakan positif akan segera melakukan isolasi mandiri. Begitu juga yang ada penyakitnya akan diisolasi di rumah sakit,” ujar Abdul Azis kepada wartawan, Kamis (3/9/2020) di PN Medan.

Dengan diketahuinya hasil swab dan rapid tes tersebut pihak PN Medan lockdown sementara. Abdul Azis menyatakan bahwa langkah Kebijakan tersebut diambil menyusul kabar telah dinyatakannya Ketua PN Medan dan 38 pegawai di PN Medan positif terpapar Covid 19.

“Mulai  4 september besok PN Medan melakukan lockdown sampai 11 september mendatang. Kemungkinan bisa jadi akan diperpanjang waktunya karena, namun pelayanan publik seperti proses sidang perkara yang mendesak dan tidak bisa diperpanjang masa tahanannya akan tetap dilakukans,” ujarnya.

Sementara itu mengenai kabar tentang kondisi Ketua Pengadilan Negri Medan, Sutio Jumangi yang beberapa waktu lalu lebih dahulu dinyatakan positif Covid 19, saat ini masih dalam fase pemulihan.

Sebagaimana diketahui sehari sebelumnya seorang hakim PN Medan bernama Somadi dikabarkan meninggal dunia pada, Rabu (2/9/2020) siang kemarin dengan status PDP saat dirawat di RS Royal Prima.

Yang bersangkutan selanjutnya dikebumikan dengan mengikuti protokol Covid-19 oleh pihak rumah sakit meskipun sampai saat ini pihak PN Medan mengaku belum mengetahui secara pasti apakah Somadi positif atau tidak.

(Rio)