Update 31 Agustus : Pasien Konfirmasi Covid-19 Bertambah 58 Orang di Sumut

Tenaga medis sedang melakukan test swab terhadap masyarakat. Istimewa

fokusmedan : Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kembali mengupdate data terkini jumlah orang yang terpapar virus corona. Senin (31/8/2020).

Dalam update terkini, penambahan kasus Covid-19 di Sumut masih terus berlangsung. Tercatat sebanyak 58 orang kembali dinyatakan terkonfirmasi positif dengan virus corona tersebut.

“Sehingga saat ini jumlahnya telah mencapai 6.827 orang,” ungkap Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan SpB, Senin (31/8/2020).

Baca Juga : Pemerintah Perkirakan Harga Vaksin Covid-19 Mulai Rp 366.500

Lebih lanjut Whiko menjelaskan, untuk pasien sembuh saat ini bertambah 60 kasus, sehingga totalnya menjadi 3.965 orang. Kemudian untuk pasien meninggal bertambah 3 orang, sehingga totalnya menjadi 315 orang.

“Untuk kasus suspek saat ini bertambah 15 orang menjadi 766 dan spesimen yang diperiksa bertambah 321 menjadi 42.147 orang,” pungkasnya.

16 Dokter di Sumut Wafat
Terpisah Jubir GTPP Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah dalam live streaming menyatakan, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pusat, saat ini sudah ada 16 orang dokter di Sumut yang meninggal karena Covid-19.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat, agar bersama-sama menjaga para tenaga medis dan tenaga kesehatan Sumut dari paparan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain masyarakat juga diminta terus melakukan tindakan pencegahan, melalui mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer minimal 20-30 detik, serta menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut bila tangan tidak bersih.

Baca Juga : Ini Rekomendasi Obat untuk Pasien Covid-19

“Karena mereka juga sama dengan kita berharap pandemi ini segera berakhir, agar dapat segera kembali pada kehidupan normal mseperti biasa,” pungkasnya.

Adapun data yang diperoleh wartawan, ke-16 dokter ini masing-masing, dari IDI Medan yaitu, dr Ucok Martin SpP, dr Irsan Nofi Hardi Nara Lubis SpS, dr Anna Mari Ulina Bukit, dr Aldreyn Asman Aboet SpAN KIC, dr Andhika Kesuma Putra SpP (K), dr Ahmad Rasyidi Siregar SpB, dr Dennis, dr Sabar Tuah Barus SpA, dr Daud Ginting SpPD dan dr Edwin Parlindungan Marpaung, SpOT.

Sedangkan dari IDI Kisaran, ada nama dr Herwanto SpB, dari IDI Labuhan Batu Utara dr Maya Norismal Pasaribu, dari IDI Padang Sidempuan dr M Hatta Lubis SpPD, dari IDI Langkat, dr H Muhammad Arifin Sinaga MAP, dari IDI Siantar Simalungun dr. John Edward Feridol Sipayung, dan dari IDI Deliserdang dr Donni. Sementara secara nasional, jumlah dokter yang meninggal karena Covid-19 ini sudah mencapai 100 orang.

(Rio)