Ungkap Kebakaran Kejagung, Polisi Sita 24 CCTV dan Periksa 99 Saksi

fokusmedan : Polisi terus mengumpulkan bukti-bukti untuk mencari tahu penyebab kebakaran Gedung Utama, Kejaksaan Agung RI pada Sabtu malam (22/8). Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Awi Setiyono menerangkan, Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri sudah dua kali melakukan pengecekan ke lokasi.

Ada beberapa hal yang dilakukan antara lain menyita kamera pengawas di Kompleks Kejaksaan Agung dan sekitarnya. Awi menyebut, ada sekira 24 kamera pengawas.

“Pertama untuk CCTV yang diambil dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) di kantor Kejaksaan Agung ada sekitar 8 unit CCTV kemudian ada sekitar 18 CCTV yang diambil dari sekitar kantor Kejaksaan Agung sehingga total 24 unit,” kata dia di Mabes Polri, Kamis (27/8).

Awi merinci dari 24 unit yang disita, 8 unit CCTV di antaranya sudah dalam kondisi terbakar. “Jadi ada beberapa yang terbakar,” ucap dia.

Periksa 99 Saksi

Sementara itu, penyidik juga mengambil sampel berupa sisa-sisa barang yang terbakar. “Sampai dengan saat ini sudah ada sekitar 21 sampel yang diambil dari di tempat kebakaran,” ucap dia.

Awi juga menyebut, 99 orang pun telah dimintai keterangan. Mereka dari Office Boy (OB) hingga pegawai Kejaksaan Agung.

“99 Saksi terdiri dari OB cleaning services, Pegawai Harian Lepas (PHL) dan pegawai Kejaksaan Agung,” ucap dia.(yaya)