Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Sumut menurun dalam sepekan ini

fokusmedan : Jumlah konfirmasi positif Covid-19 di Sumut turun selama sepekan ini.  Jumlah tersebut sebanyak 476 orang dan lebih rendah dibanding angka minggu sebelumnya mencapai 742 orang.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan SpB menyebutkan, dinamika kasus Covid-19 di Sumut memang sangat dinamis, walaupun dalam satu minggu terakhir terjadi penurunan angka penderita baru konfirmasi Covid-19 positif.

“Walaupun ada penurunan, namun potensi penularan masih terjadi di wilayah kita. Untuk itu protokol kesehatan harus dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat, instansi, pelaku usaha dan pengelola fasilitas layanan umum,” sebutnya kepada wartawan, Senin (24/8).

Untuk memutus penyebaran Covid-19, sambungnya, GTPP Covid-19 Provinsi Sumut juga sudah menerima bantuan sebanyak 10 ribu paket swab. Paket swab ini nantinya untuk melakukan swab massal terhadap Kabupaten/Kota yang memiliki potensi penularan tinggi.

Ia menyampaikan, jumlah akumulasi kasus konfirmasi Covid-19 sudah mencapai 6.166 kasus atau naik 476 dibandingkan pekan sebelumnya. Di mana sebanyak 2.676 orang diantaranya adalah penderita Covid-19 aktif.

“Kini 400 orang diantaranya dirawat di rumah sakit dan 2.276 penderita melakukan isolasi mandiri baik di rumah maupun di Balai karantina. Mereka yang melaksanakan isolasi mandiri ini, karena secara klinis tidak memiliki gejala dan tidak membutuhkan perawatan di rumah sakit,” terangnya.

Sedangkan dalam hal sebaran wilayah, imbuh dia, terdapat enam Kabupaten/Kota dengan akumulasi terbanyak kasus konfirmasi positif. Keenam wilayah ini yaitu, Medan dengan 3.640 kasus, Deliserdang 793 kasus, Pematang Siantar 214 kasus, Simalungun 159 kasus, Sergai 118 kasus, dan Binjai 116 kasus.

“Dari angka sebaran selama pandemi ini, sebagiannya sudah dinyatakan sembuh atau meninggal dunia,” sebutnya.

Terhadap kasus kesembuhan, lanjutnya, dalam sepekan ini terjadi peningkatan persentase dari 46,71 persen pada minggu lalu menjadi 51,96 persen pada minggu ini. Angka akumulasinya, imbuh dia, sudah mencapai 3.204 orang atau bertambah 546 orang dibandingkan pekan sebelumnya.

“Angka kesembuhan meningkat menjadi motivasi bagi kita dalam memerangi wabah Covid-19,” pungkasnya.

Sementara pada pasien meninggal, dalam sepekan ini terjadi peningkatan sebanyak 37 orang, sehingga naik menjadi 286. Sedangkan untuk kasus suspek, berjumlah 606 orang.(riz)