Satu Nelayan di Asahan Tewas Usai Kapal Motor Digulung Ombak

fokusmedan : Cuaca buruk di perairan Asahan, Sumut, memakan korban. Seorang nelayan ditemukan tewas setelah kapal motor atau boat yang mereka gunakan untuk mencari ikan tenggelam digulung ombak.

Korban meninggal dunia diketahui bernama Rizal (32), warga Dusun XI Silo Baru, Air Joman, Asahan.

“Kita bersyukur akhirnya tim SAR gabungan di lapangan berhasil menemukan korban sekitar pukul 12.00 Wib tadi,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Medan, Toto Mulyono, Sabtu (22/8).

Rizal sudah dicari selama tiga hari. Sebelumnya, dia dilaporkan hilang setelah kapal motor yang digunakannya mencari ikan bersama Wagino (37), juga warga Dusun XI Silo Baru, Air Joman, tenggelam.

Sebelumnya, cuaca buruk di laut memaksa kedua nelayan ini memilih pulang. Namun dalam perjalanan pulang, boat yang mereka gunakan karam akibat digulung ombak setinggi 3,5 meter, Rabu (19/8) malam sekitar pukul 21.00 Wib.

Wagino berhasil diselamatkan nelayan yang melintas di sekitar lokasi. Namun Rizal hilang.

Kejadian itu kemudian dilaporkan ke aparat setempat. Tim SAR gabungan mulai melakukan pencarian.

Operasi pencarian Rizal pada dua hari pertama belum membuahkan hasil. Pada hari ketiga, Sabtu (22/8), pencarian diperluas hingga sekitar 60 nautical mile.

Upaya itu membuahkan hasil. “Korban ditemukan sekitar 12 nautical mile ke arah Utara Barat Laut dari lokasi kejadian,” tegas Toto.

Korban sudah dievakuasi dan diserahkan kepada pihak keluarga. “Dengan ditemukannya korban maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup,” pungkas Toto.(yaya)