Iran Pamerkan Dua Rudal Baru, Salah Satunya Diberi Nama “Martir Haji Qassim”

fokusmedan : Televisi pemerintah Iran pada Kamis melaporkan, negara tersebut telah mengeluarkan dua rudal baru di tengah meningkatnya ketegangan Iran dengan Amerika Serikat.

Rudal baru dipamerkan dalam rangka Hari Industri Pertahanan Nasional yang jatuh pada Kamis (20/8).

Dikutip dari The Times of Israel, Jumat (21/8), rudal tersebut dinamai pemimpin militer tertinggi Iran, Jenderal Qassim Sulaimani dan pemimpin milisi Irak, Abu Mahdi Al Muhandis, yang terbunuh di luar Bandara Internasional Baghdad dalam serangan AS pada Januari lalu.

Rudal balistik permukaan ke permukaan bernama “Martir Haji Qassim” itu memiliki jarak tempuh 1.400 kilometer, menurut kantor berita¬†semi resmi Fars. Televisi pemerintah mengatakan, rudal jelajah angkatan Laut “Martir Abu Mahdi” memiliki jarak tempuh 1.000 kilometer.

Iran juga meresmikan jalur produksi mesin “Owj” yang diproduksi di dalam negeri untuk jet tempur Kowsar kursi ganda buatan Iran.

Iran secara rutin mengungkap pencapaian teknologi untuk angkatan bersenjatanya, program luar angkasa, dan upaya nuklirnya.

Presiden Donald Trump menarik AS keluar dari perjanjian nuklir antara Iran dan enam negara besar pada 2018, dan ketegangan antara kedua negara meningkat sejak saat itu.(yaya)