21/02/2024 19:07
NASIONAL

Makna Logo Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75, Ini 5 Faktanya

fokusmedan : Hari ini diperingati sebagai kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tema dan logo peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI 2020 sudah ditetapkan.

Melansir website resmi Kemensetneg, Indonesia Maju adalah tema besar peringatan HUT RI ke-75 ini. Logo resmi juga sudah diunggah di laman resmi Kemensetneg. Logo bernuansa merah dan putih serta ada beberapa ornamen baru dimunculkan sehingga memiliki makna yang mendalam.

“Sekarang saatnya kita fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa Indonesia,” tulis Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Perisai 75

makna logo hut ri 75

Logo HUT RI ke-75 berbentuk perisai dengan angka 75. Bentuk ini terinspirasi dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila.

Bentuk logo ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan. Kemensetneg menambahkan logo ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, progres nyata dalam bekerja dan untuk mempersembahkan hasil terbaik untuk rakyat.

Bangga Buatan Indonesia

makna logo hut ri 75

Ornamen lain yang ditambahkan adalah gambar bertuliskan ‘Bangga Buatan Indonesia’ sebagai upaya menumbuhkan kecintaan masyarakat pada produk dalam negeri.

Logo bernuansa merah ini termasuk gabungan dari logogram dan logotype dengan gaya modern. Hal ini bisa terlihat dari bentuk huruf yang sederhana. Logogram ini digunakan untuk menunjukkan rasa cinta terhadap produk lokal tanah air.

Tulisan Bangga Buatan Indonesia menggunakan warna merah dan putih sebagai warna utama untuk menunjukkan perasaan bangga membeli produk lokal dan untuk menunjukkan kebersamaan dalam kesatuan.

Supergraphic

makna logo hut ri 75

Ada yang unik ornamen di logo HUT RI ke-75 ini. Munculnya desain supergraphic yang terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekonstruksi logo 75 tahun. Logo tersebut dipecah lagi menjadi 10 bagian yang merepresentasikan komitmen dan nilai luhur Pancasila.

Pengaplikasian supergraphic ini bisa dibilang mudah dan fleksibel karena sifatnya yang abstrak dan merupakan rancangan adri 10 pecahan menjadi satu kesatuan bentuk.

Penyempurnaan

makna logo hut ri 75

Kementerian Sekretariat Negara menambahkan bahwa mereka mengeluarkan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang Penyempurnaan Penggunaan Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020.

Istilah penyempurnaan ini mengacu pada penambahan logo Bangga Buatan Indonesia, yang diaplikasikan sebagai satu kesatuan dengan logo Peringatan HUT ke-75.

Imbauan

Pemerintah mengimbau kepada seluruh jajaran pemimpin lembaga negara untuk berpartisipasi menyemarakkan HUT ke-75 kemerdekaan RI tahun ini. Meski sedang dilanda pandemi COVID-19, baik lembaga tingkat pusat hingga daerah wajib berpartisipasi.(yaya)