Ini Makna Gambar Pada Uang Kertas Rp75.000 Edisi Khusus HUT RI

fokusmedan : Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengungkapkan makna filosofi yang terlukis di dalam pecahan mata uang baru pecahan Rp75.000. Secara keseluruhan, mata uang edisi peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia ini dikaitkan dengan 3 M yakni mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan dan menyongsong masa depan gemilang.

“Tema filosifis 3 M ini digambarkan melalui desain mata uang yang meliputi halaman muka bermakna mensyukuri kemerdekaan,” kata dia dalam acara peluncuran mata uang, di Jakarta, Senin (17/8).

Bentuk syukur terlukis melalui gambar yang tertera di mata uang Rp75.000. Yakni peristiwa pengibaran bendera pada saat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Menampilkan foto proklamator Soekarno-Hatta serta gunungan. Di mana, gambar tersebut memiliki filosofi sebagai pembuka dan permulaan lembar baru bagi negara kesatuan Republik Indonesia yang baru saja diproklamasikan

viral uang baru

Serta berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia digambarkan dengan jembatan, MRT, LRT dan tol Trans Jawa. Sementara, gambar di belakang bemakna memperteguh kebinekaan dengan anak-anak berpakaian adat mewakili wilayah barat tengah dan timur NKRI.

“Serta motif tenun nusantara diwakilin greensing Bali, batikĀ kalung jawa dan motif songket Sumatera Selatan. Yang gambarkan kebaikan keanggunan dan kesucian,” jelasnya.

Kemudian halaman belakang bermakna menyongsong masa depan gemilang pada era digital. Di mana, digambarkan dengan satelit merah putih sebagai jembatan komunikasi NKRI. “Era global dengan peta Indonesia emas, bola dunia gambarkan peran strategis Indonesia dalam kancah global, serta anak anak Indonesia yang digambarkan SDM unggul era Indonesia maju,” tandas dia.

Rupiah Edisi HUT ke-75 Miliki Pengaman Teknologi Terbaru

hut ke 75 miliki pengaman teknologi terbaru

Uang peringatan Kemerdekaan 75 tahun RI dilengkapi unsur pengaman teknologi terbaru dan bahan kertas lebih tahan lama. Inovasi ini ditujukan agar uang rupiah semakin mudah dikenali ciri keasliannya, nyaman dan aman digunakan dan lebih sulit dipalsukan.

“Inovasi uang Rupiah terus dilakukan secara berkala dan terencana untuk memastikan Rupiah tetap menjadi kebanggaan bangsa sebagai simbol kedaulatan NKRI,” ungkap Perry.(yaya)