HUT RI ke-75, Merah Putih ‘Selimuti’ Burj Khalifa Dubai Pukul 23.45 WIB

fokusmedan : Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Abu Dhabi melaporkan bahwa pada malam ini, Burj Khalifa akan kembali diselimuti merah putih. Tepatnya pada pukul 23.45 WIB nanti, gedung tertinggi di dunia ini akan memancarkan cahaya merah putih dari lampu LED dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.

Bukan hanya di Burj Khalifa saja, sang Merah Putih juga akan memancarkan kilaunya malam ini di berbagai gedung ikonik di Abu Dhabi dan Dubai. Seperti di Burj Al Arab, ADNOC Headquarter, Sheikh Zayed Bridge, Capital Gate atau Gedung Miring ADNEC, Galleria Mall, Menara Marina Mall, dan Kantor Pemerintah Abu Dhabi.

“Gedung tertinggi di dunia saat ini, Burj Khalifa, kembali akan berselimutkan warna bendera Indonesia, Sang Saka Merah Putih. Nantikan dan saksikan langsung penampakannya di facade Burj Khalifa Senin malam, 17 Agustus 2020 pukul 20:45 waktu UEA (23:45 WIB),” dikutip dari akun instagram KBRI Abu Dhabi @kbriabudhabi.

Atraksi light show tersebut merupakan bentuk solidaritas dan dukungan KBRI Abu Dhabi perayaan HUT kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. Perayaan ini merupakan dukungan dari Uni Emirat Arab (UEA) kepada Indonesia, serta merupakan wujud dari kedekatan hubungan bilateral Indonesia dengan UEA.

“Kegiatan ini merefleksikan kedekatan hubungan bilateral Indonesia – Uni Emirat Arab. Merah Putih tetaplah kau berkibar di ujung tiang tertinggi,” jelas dia.

Adapun perayaan HUT ke-75 RI di Abu Dhabi hari ini telah diselenggarakan secara khidmat di tengah pandemi Covid-19. KBRI UEA melaporkannya secara langsung melalui akun sosial media KBRI Abu Dhabi. Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis menjadi inspektur upacara hari ini yang dilasanakan di Premis KBRI Abu Dhabi.

Kemudian yang bertindak sebagai komandan upacara yaitu Kolonel Wisnu Saputro, perwira TNIĀ yang tengah menjalani pendidikan di lembaga ketahanan nasional (Lemhanas) UEA di Abu Dhabi. Peserta upacara dihadiri spouse staf KBRI. Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan potong tumpeng sebagai bentuk syukuran atas nikmat kemerdekaan.

“Meski berlangsung di tengah pandemi Covid-19 serta cuaca panas dan lembab, upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 pada Senin pagi di premis KBRI Abu Dhabi tetap berlangsung khidmat. Keluarga Besar KBRI Abu Dhabi mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-75. Sekali merdeka, tetap merdeka. Indonesia Maju,” ungkap dia

Selain itu, KBRI UEA juga menyelenggarakan lomba bagi seluruh warga Indonesia yang sedang berada di UEA. Lomba yang diadakan yaitu lomba yel-yel kemerdekaan berdurasi maksimal 30 detik, serta lomba stand up comedy yang berdurasi maksimal dua menit.

“Dear masyarakat Indonesia di UEA. Ayo, ikut meriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 dengan mengikuti dua lomba tersebut. Batas lomba sampai 19 Agustus 2020,” tegas dia.(yaya)