Erick Thohir Prioritaskan Produk UMKM Dijual di Luar Negeri

fokusmedan : Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir memprioritaskan market atau pasar luar negeri dibanding pasar lokal untuk penjualan produk UMKM Indonesia. Erick Thohir ingin produk UMKM Indonesia bisa go global.

“Kalau saya justru kita prioritaskan market luar negeri,” kata kata Erick dalam Fashion Talks Day 8 – Nusantara Fashion Festival 2020, Minggu (16/8).

Pihaknya ingin membangun market dengan cara memanfaatkan turis asing untuk membeli produk Indonesia khususnya UMKM. Erick mencontohkan, produk batikĀ sudah sukses dikenal internasional, dan pemerintah juga sedang mendorong produk lokal lainnya seperti furniture dan lainnya sehingga produk lokal semakin go global.

Pasar global sangat potensial, apalagi artis-artis Indonesia yang terkenal di kancah Internasional bisa dimanfaatkan untuk menangkap peluang dalam mempromosikan produk-produk UMKM Indonesia, seperti musisi dan penyanyi Weird Genius, Rich Brian, Nikki, dan lainnya.

“Kita punya market lokal yang harus disinergikan, dan bergotong-royong. Tetapi kalau market lokalnya kita digerogoti oleh market luar, maka kita harus balik menggerogoti market luar dengan market lokal. Jangan dibiarkan selalu ke Barat-baratan,” ujarnya.

Di lain hal, Erick berharap agar Indonesia tidak terus-terusan menggunakan bahan baku impor, melainkan memanfaatkan bahan baku lokal, sehingga produk yang dihasilkan bisa dipasarkan secara global.

“Mari kita jadikan keberpihakan dengan produk lokal agar go global,” pungkasnya.(yaya)