20/04/2024 14:51
INTERNASIONAL

Uni Emirat Arab Sepakat Normalisasi Hubungan Diplomatik dengan Israel

fokusmedan : Putra Mahkota Uni Emirat Arab Abu , penguasa de facto Uni Emirat Arab (UAE) kemarin mengumumkan negaranya dan Israel sepakat untuk menjalin hubungan bilateral, dengan Israel yang juga sepakat menghentikan lebih lanjut aneksasi wilayah Palestina.

“Selama percakapan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Perdana Menteri Netanyahu, muncullah sebuah kesepakatan untuk menghentikan aneksasi wilayah Palestina oleh Israel. UAE dan Israel juga sepakat untuk bermitra dan menetapkan peta jalan membangun hubungan bilateral,” kata Syekh Mohammed Bin Zayed di Twitter.

Pernyataan bersama oleh Israel, UAE dan Amerika Serikat yang dikeluarkan di Washington memuji kesepakatan tersebut sebagai sebuah “terobosan diplomatik bersejarah” yang akan mendorong perdamaian di Timur Tengah.

Disebutkan pula bahwa ketiga negara tersebut telah “menyepakati secara penuh normalisasi hubungan antara Israel dan Uni Emirat Arab.”

Delegasi Israel dan UAE akan bertemu dalam beberapa pekan ke depan guna menandatangani kesepakatan bilateral dalam sektor investasi, pariwisata, penerbangan langsung, keamanan, telekomunikasi dan isu lainnya, demikian isi pernyataan tersebut.

Di Washington, para pejabat senior Gedung Putih menyebutkan bahwa berdasarkan kesepakatan itu, Israel mengiyakan untuk menunda penerapan kedaulatan ke wilayah Tepi Barat, di mana pihaknya telah membahas soal aneksasi.(yaya)