Honda Bagikan Tips Pahami Waktu Service Sepeda Motor

fokusmedan : Masih jadi armada transportasi primadona, sepeda motor pun tidak jarang digunakan hampir setiap hari oleh kebanyakan masyarakat saat melakukan berbagai aktivitas.

Kondisi motor yang bekerja cukup keras dan terus menerus tentunya akan menjadikan mesin motor dan berbagai partnya butuh untuk mendapat perhatian khusus dari ahlinya.

Namun karena kesibukan, sering kali kewajiban ini terlupakan. Bahkan waktu servis terlewat sangat jauh dari yang seharusnya.

Padahal. jika servis motor sering terlewatkan, dan bukan tidak mungkin motor akan bermasalah, menurunkan performa, dan mengalami kerusakan fatal yang akan memakan biaya sangat mahal untuk memperbaikinya.

Menanggapi hal tersebut, PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara kembali menunjukkan kepedulian pada pecintanya dengan berbagi pengetahuan terkait waktu-waktu yang tepat untuk melakukan service motor kesayangan di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Berpatokan pada Speedometer
Bisa melakukan servis motor dengan berpatokan pada angka yang ada di speedometer. Angka yang ada pada speedometer ini menunjukkan sudah berapa jauh jarak yang ditempuh motor.

Dalam hal ini, bisa melakukan servis terhadap motor tiap interval 2000-3000 km di speedometer kendaraanmu. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengganti oli motor agar performa mesinnya semakin baik dan optimal setelah diservis.

Rutinlah Bawa Motormu Servis ke Bengkel
Selain menggunakan patokan angka pada speedometer, bisa melakukan servis terhadap motor dengan berpatokan pada bulan terakhir servis.

Biasanya, servis bisa lakukan setiap 2-3 bulan sekali dalam setahun. Agar tidak lupa, bisa membuat catatan kecil sebagai pengingat utnuk melakukan servis pada motor.

Segera Servis Motor Ketika Bermasalah
Waktu yang tepat untuk melakukan servis yang terakhir adalah ketika sepeda motor bermasalah. Dimana sangat disarankan untuk segera melakukan servis jika menemukan ada yang tidak beres dengan motor, entah itu busi, karburator, filter, atau komponen selainnya.

Keterlambatan penanganan komponen yang rusak bisa berakibat fatal pada komponen yang lain. Hal ini dikarenakan antar komponen dalam sepeda motor terhubung satu sama lain. Sehingga jika tidak segera diservice bisa-bisa menambah pengeluaran karena harus turun mesin.

Sementara itu Fahril Aulia selaku Honda Technical Instructor PT Indako Trading Coy mengungkapkan, peribahasa ‘Sedia payung sebelum hujan’, memang bisa berlaku di segala kondisi, termasuk dalam hal perawatan motor kesayangan. Menurutnya jangan sampai baru ingat untuk service ketika motor keburu ngadat atau minta boring.

“Dengan Semangat Satu Hati, Honda selalu siap memberikan pelayanan terbaik, termasuk layanan service berkualitas dari mekanik terlatih, dan ketersediaan oli, dan part yang terjamin keasliannya,” ujarnya.(ril)