Dampingi Presiden Jokowi, Menpora Hadiri Upacara Hari Pramuka ke-59

fokusmedan : Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mendampingi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam Upcara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8).

Dalam amanatnya, Presiden RI mengajak anggota Pramuka membuat dua gerakan nasional, yaitu gerakan kedisiplinan dan kepedulian pada masa pandemi Covid-19.

“Saya minta kepada saudara-saudara untuk membuat dua gerakan nasional. Yang pertama gerakan kedisiplinan, gerakan yang mengajak semua anggota masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan,” buka Jokowi.

“Kedua, gerakan kepedulian nasional, yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli, dan saling berbagi. Dua gerakan tadi semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan saudara-saudara dalam memperdalam jiwa Pramuka sejati,” tambahnya.

Lebih lanjut, Joko Widodo menegaskan Pramuka Indonesia selalu mencetak generasi yang tangguh. Tangguh dalam menghadapi setiap tantangan, disiplin dalam bertindak, tidak gentar dalam menghadapi setiap rintangan. Selain itu, Presiden RI juga menyampaikan, Pramuka Indonesia harus selalu peduli dan siap berkorban untuk sesama. Di era pandemi Covid-19 ini, menurut Presiden RI sangat dibutuhkan jiwa dan karakter seperti itu.

“Jiwa dan karakter seperti itu lah yang kita butuhkan. Kita disiplin mengikuti protokol kesehatan, disiplin memakai masker, disiplin menjaga jarak, dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama disiplin melaksanakannya,” pesan Jokowi.

Secara terpisah, Menpora Zainudin Amali yang turut hadir pada Upacara Peringatan hari Pramuka ke-59 tersebut juga menyampaikan beberapa harapan dan pesan senada yang berisi penekanan dari amanat presiden kepada gerakan pramuka Indonesia. Menpora mengharapkan di tengah-tengah pandemi ini, seluruh keluarga besar pramuka dapat menjalankan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya.

Disamping itu, Ia meminta agar keluarga besar gerakan pramuka menjadi garda terdepan dalam menyampaikan pesan positif dan rasa optimisme kepada masyarakat, agar bangsa ini menjadi sejuk dan tenang dalam beraktivitas serta tetap produktif dengan bijak dan waspada.

“Saling menghargai dan saling membantu sesama adalah sikap pramuka, sebagaimana adik-adik telah turut membantu bersinergi dalam penanggulangan covid-19. Pramuka adalah generasi muda untuk kemajuan bangsa. Jadilah garda terdepan dalam menyampaikan pesan-pesan positif kepada masyarakat,” tegas Zainudin.(yaya)