22/02/2024 21:10
NASIONAL

Tingkatkan Daya Beli, Pemerintah Siapkan Pinjaman Tanpa Bunga untuk Rumah Tangga

fokusmedan : Pemerintah Jokowi-Ma’ruf terus mendorong berbagai stimulus di tengah penurunan konsumsi atau daya beli masyarakat. Sejumlah insentif maupun program bantuan sosial pun terus digencarkan oleh pemerintah. Tujuannya mendongkrak konsumsi masyarakat.

Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo mengatakan, salah satu wacana yang akan diluncurkan pemerintah adalah pemberian akses pinjaman bagi rumah tangga. Di mana, masyarakat nantinya dapat mengajukan skema pinjaman tanpa bunga.

“Akan ada skema pinjaman untuk rumah tangga tanpa bunga sehingga bisa diakses, itu yang sedang disiapkan,” kata Prastowo dalam acara Webinar Keterbukaan Informasi Publik digelar secara virtual di Jakarta, Kamis (6/8).

Kendati begitu, dia tidak menjelaskan secara jelas mengenai rencana baru pemerintah dalam memberikan bantuan di tengah pandemi Corona. Pinjaman tanpa bunga untuk rumah tangga ini sedang disiapkan seperti bantuan untuk 13 juta pegawai bergaji di bawah Rp5 juta per bulan.

“Jadi ini supaya ada tambahan daya beli, supaya mereka terbantu dan diperhatikan,” tandas dia.

Stimulus Lain

Selain itu, juga ada beberapa stimulus lain. “Akan ada bansos untuk pekerja yang gajinya di bawah Rp5 juta, ada tambahan daya beli, supaya mereka terbantu dan diperhatikan. Presiden juga launching bansos produktif supaya bisa modal kerja di awal-awal ini,” kata dia.

Meski begitu, Yustinus mengakui implementasi kebijakan ini tidaklah mudah. Namun dia yakin, dengan semangat gotong royong dari berbagai pihak termasuk kementerian dan lembaga terkait, maka akan bisa dilaksanakan seoptimal mungkin.

“Mudah-mudahan dengan gotong royong bisa, Pemerintah menyadari ada yang belum optimal. Tapi kita sadari tidak mudah mendeliver di situasi ini dengan cepat. Pemerintah ingin terus hadir, dan mohon bantuan semua masyarakat dalam melakukan pengawasan dan ini berdampak positif,” tutur dia.(yaya)