Ketahui Penyebab Hb Rendah Beserta Pengertian dan Gejalanya

fokusmedan : Hemoglobin atau hb adalah protein yang kaya akan zat besi. Ia memiliki afinitas (daya gabung) terhadap oksigen dan dengan oksigen itu membentuk oxihemoglobin di dalam sel darah merah. Dengan melalui fungsi ini maka oksigen dibawa dari paru-paru ke jaringan-jaringan.

Hemoglobin merupakan molekul yang terdiri dari kandungan heme (zat besi) dan rantai polipeptida globin (alfa, beta, gama, dan delta), berada di dalam eritrosit dan bertugas untuk mengangkut oksigen. Kualitas darah ditentukan oleh kadar haemoglobin. Stuktur Hb dinyatakan dengan menyebut jumlah dan jenis rantai globin yang ada.

Nama Hemoglobin merupakan gabungan dari heme dan globin. Heme adalah gugus prostetik yang terdiri dari atom besi, sedang globin adalah protein yang dipecah menjadi asam amino. Hemoglobin terdapat dalam sel-sel darah merah dan merupakan pigmen pemberi warna merah sekaligus pembawa oksigen dari paru-paru ke seluruh sel-sel tubuh.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai hemoglobin dan penyebab hb rendah yang perlu Anda ketahui, mengutip dari Mayo Clinic dan Healthline.

Pengertian Hb Rendah

Jumlah hemoglobin yang rendah dapat dikaitkan dengan penyakit atau kondisi yang menyebabkan tubuh Anda memiliki terlalu sedikit sel darah merah. Jika suatu penyakit atau kondisi memengaruhi produksi sel darah merah tubuh, kadar hb bisa turun. Lebih sedikit sel darah merah dan kadar hb yang lebih rendah dapat menyebabkan orang tersebut mengalami anemia.

Anemia adalah kelainan darah yang terjadi ketika tidak ada cukup hb dalam darah seseorang. Ada beberapa jenis anemia. Beberapa jenis hanya menyebabkan masalah kesehatan ringan, sementara yang lain bisa berakibat jauh lebih parah. Setiap jenis anemia berasal dari salah satu faktor berikut:

  • Tubuh tidak bisa membuat cukup hemoglobin.
  • Tubuh membuat hemoglobin, tetapi hemoglobin tidak bekerja dengan benar.
  • Tubuh tidak membuat cukup sel darah merah.
  • Tubuh memecah sel darah merah terlalu cepat.

Jumlah hb yang sedikit rendah tidak selalu merupakan pertanda penyakit. Hal ini bisa menjadi suatu hal yang normal bagi sebagian orang. Wanita dengan periode menstruasi dan wanita hamil umumnya memiliki jumlah hemoglobin yang rendah.

Gejala Hb Rendah

Hb rendah juga dikenal sebagai anemia, yang berarti Anda tidak memiliki cukup sel darah merah dalam tubuh. Dengan anemia, tes darah juga akan menunjukkan bahwa Anda memiliki jumlah sel darah merah yang rendah dan mungkin memiliki hematokrit yang rendah, volume sel darah merah ke komponen lain dalam darah.

Penyebab hb rendah berupa anemia terdiri dari beberapa bentuk, sehingga gejalanya sangat bervariasi. Gejala anemia yang umum dapat meliputi:

  • kelelahan
  • kulit pucat
  • sesak napas
  • detak jantung yang abnormal atau cepat
  • rasa sakit di dada
  • tangan atau kaki dingin dan bengkak
  • sakit kepala
  • bermasalah dengan aktivitas fisik

Jumlah hemoglobin yang lebih rendah dari normal dapat menyebabkan penurunan pengiriman oksigen ke organ dan otot vital, yang mengakibatkan kelelahan atau kekurangan energi.

Penyebab Hb Rendah

Penyebab hb rendah bisa dapat berakar oleh kondisi apa pun yang memengaruhi kemampuan tubuh Anda dalam membuat sel darah merah atau kondisi yang menurunkan sel darah merah dalam aliran darah. Kemungkinan penyebab Hgb rendah termasuk:

  1. kekurangan zat besi dalam diet, yang membuat sumsum tulang lebih sulit untuk menghasilkan hb
  2. kekurangan folat atau vitamin B-12, yang dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit sel darah merah daripada yang dibutuhkan
  3. kehilangan darah yang parah setelah operasi atau cedera besar
  4. pendarahan internal dari tukak lambung, kanker perut atau usus besar, atau cedera internal
  5. anemia sel sabit, suatu kondisi genetik yang menyebabkan sel-sel darah merah berbentuk tidak normal sabit dan mampu membawa lebih sedikit hb
  6. hipotiroidisme, yang berarti kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid
  7. splenomegali, atau limpa yang membesar akibat infeksi, kondisi hati, atau kanker
  8. kondisi sumsum tulang, seperti leukemia, yang mencegah sumsum tulang memproduksi cukup sel darah merah
  9. penyakit ginjal kronis, di mana ginjal tidak berfungsi dengan baik (mengakibatkan kekurangan erythropoietin, hormon yang merangsang produksi sel darah merah di sumsum tulang Anda)

Penyebab hb rendah yang lain dapat termasuk:

  1. terlalu sering mendonorkan darah
  2. perdarahan hebat selama haid
  3. penyalahgunaan alkohol
  4. masalah kesehatan kronis seperti penyakit autoimun atau kanker