22/02/2024 22:08
NASIONAL

Purnomo Positif Corona, Wali Kota FX Rudy dan Pejabat Pemkot Solo Jalani Swab

fokusmedan : Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menjalani uji swab di rumah dinas Loji Gandrung, Sabtu (25/7). Rudy, sapaan akrab wali kota, ditemani istrinya Elizabeth Endang Prasetyaningsih yang juga ikut swab test.

Selain Rudy, sejumlah pejabat juga menjalani pengambilan spesimen. Di antaranya Ketua Pelaksana Gugus Tugas yang juga Sekretaris Daerah, Ahyani dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, anggota DPRD Kota Solo dan sejumlah wartawan. Pengambilan spesimen dilakukan petugas Dinas Kesehatan dengan mengenakan APD lengkap.

Pada kesempatan sebelumnya Rudy menyampaikan, Pemkot Solo langsung melakukan contact tracing, setelah wakil wali kota Achmad Purnomo dinyatakan positif Covid-19, Jumat (24/7) siang. Pihaknya mendata orang-orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan Purnomo.

Ia juga meminta para pegawai serta para pejabat di lingkungan Pemkot Solo tidak panik. Demikian juga dengan masyarakat yang pernah kontak dan erat.

“Saya minta tidak panik dan besok harus ikut test swab yang diadakan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo,” ujar Rudy, kepada wartawan, Jumat (24/7).

Rudy menyampaikan, sejak Kamis petang, Purnomo sudah menjalani karantina mandiri di rumahnya dengan pemantauan ketat tim Dinas Kesehatan.

Rudy berharap hasil uji swab, tersebut bisa cepat diketahui agar kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan bisa menyesuaikan.(yaya)