Kemendikbud Gelar Survei, 90 Persen Mahasiswa Lebih Suka Kuliah Tatap Muka

fokusmedan : Kemendikbud menggelar survei evaluasi pembelajaran online atau belajar jarak jauh untuk mahasiswa. Hasilnya, 90 persen mahasiswa menyatakan lebih menyukai kuliah tatap muka langsung dibandingkan kuliah online atau daring.

“Ketika kita tanya apakah memilih daring atau lebih memilih luring (luar jaringan), 90 persen mengatakan masih lebih baik luring. Jadi pertemuan langsung dengan dosen lebih bagus dibandingkan dengan melalui daring,” kata Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Nizam, di Ruang Rapat Komisi X DPR, Kamis (9/7).

Nizam menyebut, sebagian mahasiswa yang sepakat dengan kuliah daring hanya mereka yang memiliki sarana prasarana yang mencukupi.

“Yang mengatakan lebih suka daring adalah mereka yang memang sudah siap secara teknologi dan sarana-prasarananya,” ucapnya.

Selain itu, Nizam menyebut para mahasiswa mengeluhkan soal koneksi internet selama kuliah daring. Meski demikian materi pembelajaran tetap tersampaikan dengan baik meski secara daring.

“Yang menjadi masalah adalah koneksi internet yang buruk dan kekurangsiapan dosen di dalam menyiapkan modulnya,” tandasnya.

Adapun Survei tersebut dilakukan pada 230 ribu mahasiswa yang tersebar di 32 provinsi, pada akhir Maret 2020. Mahasiswa responden dari tahun masuk kuliah 2015 hingga 2019.(yaya)