22/05/2024 3:04
NASIONAL

Nias Utara diguncang gempa berkekuatan Magnitudo 5,0

fokusmedan : Kabupaten Nias Utara diguncang gempa tektonik dengan kekuatan Magnitudo 5,0 sekira pukul 11.03 WIB, Rabu (8/7).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menyampaikan, adapun episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 1,27 LU dan 96,97 di laut atau sekitar  47 km arah Barat Daya Kota Lotu, Kabupaten Nias Utara, pada kedalaman 14 Km.

“Gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktifitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme sesar naik (Thrust Fault),” sebutnya kepada wartawan.

Guncangan gempa bumi ini dapat dirasakan di daerah Nias Utara dan Gunung Sitoli dengan skala III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan akan ada truk berlalu, kemudian Kabupaten Nias pada skala II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan dan gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami,” ujarnya.

Ia mengimbau, agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Selalu menghindar dari bangunan yang retak atau rusak bila ada diakibatkan oleh gempa,” tandasnya.(riz)