21/04/2024 6:30
GAYA HIDUP & KESEHATAN

Menurut Penelitian, Menggunakan Masker Bisa Buat Orang Lain Lebih Jaga Jarak

fokusmedan : Menggunakan masker merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan pada saat ini. Terutama pada saat keluar rumah, penggunaan masker ini dipercaya bisa menekan penyebaran COVID-19.

Menurut dr. Petros Levounis, MA, profesor dari Rutgers New Jersey Medical School, menggunakan masker bisa mencegah percikan kecil yang keluar ketika kita berbicara, batuk, atau bersin. Ketika percikan ini tetap terperangkap di dalam, virus yang ada di dalam seseorang tidak bisa menyebar ke orang lain.

Dilansir dari Healthline, penelitian terbaru mengungkap bahwa terdapat satu lagi manfaat penggunaan masker. Manfaat ini sekaligus membuat kemungkinan persebaran virus berkurang.

Diketahui bahwa ketika seseorang menggunakan masker maka orang lain di sekitarnya akan otomatis menjaga jarak. Hal ini tentu saja sangat membantu dalam mencegah penularan COVID-19.

Temuan ini diperoleh oleh Massimo Marchiori, PhD, profesor bidang komputer di Universitas Padua. Dia mencoba melihat bagaimana perilaku seseorang pada saat ini dalam menjaga jarak.

Untuk mengetahui hal ini, dia membuat perangkat khusus berbentuk sabuk untuk melihat bagaimana seseorang menjaga jarak. Sabuk ini dilengkapi dengan kartu data, baterai, serta sensor untuk melihat jarak dengan orang lain.

Marchiori dan sejumlah partisipan penelitian menggunakan sabuk ini sambil berjalan ke lingkungan sekitar. Terdapat sekitar 12.000 kali pertemuan yang terjadi dengan orang lain.

Berdasar percobaan tersebut, diketahui bahwa ketika partisipan penelitian tidak menggunakan masker, orang lain cenderung berada dalam jarak lebih dekat ketika berjalan. Sedangkan ketika menggunakan masker, orang lain bakal menjaga jarak hingga dua kali lipat.

Menggunakan masker dipandang Marchiori sebagai pengingat visual bagi orang lain untuk menjaga jarak. Hal ini disebutnya terjadi karena manusia sebagai makhluk sosial jadi teringat dengan bahaya yang mungkin muncul ketika berada dalam jarak yang dekat.

Penelitian tersebut menjadi bukti bahwa menggunakan masker bisa sangat bermanfaat pada masa-masa seperti ini. Oleh karena itu, hal ini tak boleh dilewatkan dan dikesampingkan.(yaya)