Kapal Tenggelam di Nias Selatan, 9 Nelayan Hilang

fokusmedan : KM Harapan Kita tenggelam di perairan Pulau Simuk, Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Sumatera Utara (Sumut) pada Senin (22/6). Sembilan nelayan yang ada di kapal itu masih hilang.

Tenggelamnya KM Harapan Kita diinformasikan aparatur Desa Hiliamaetaluo, Teluk Dalam, Nias Selatan, kepada pihak Basarnas. Kapal itu dilaporkan berangkat dari Teluk Dalam, Minggu (21/6) ke arah perairan Pulau Simuk untuk mencari ikan. Beredar informasi kapal itu tenggelam akibat cuaca buruk.

Kepala Seksi Operasi SAR Kantor SAR Nias, Benteng Telaumbanua, belum bisa memastikan penyebab maupun kronologi tenggelamnya KM Harapan Kita.

“Kronologinya masih simpang siur, kita masih melengkapi datanya, sehingga belum bisa memberi keterangan lengkap,” kata Kepala Seksi Operasi SAR Kantor SAR Nias Benteng Telaumbanua, Selasa (23/6).

Namun tim gabungan masih melakukan pencarian ke-9 nelayan yang hilang. Selain dari Basarnas, operasi SAR juga melibatkan di antaranya personel Lanal Nias, Polair Polres Nias Selatan, BPBD, nelayan, masyarakat, serta keluarga korban.

Hingga hari kedua pencarian, ke-9 nelayan itu belum juga ditemukan. “Jadi sampai dengan saat ini belum ada informasi dari lapangan ada menemukan tanda-tanda korban atau mengevakuasi korban,” jelas Benteng.(yaya)