22/05/2024 3:00
NASIONAL

Pilkada Digelar Desember, Bawaslu Mulai Aktifkan Panwas Kecamatan dan Kelurahan

fokusmedan : Badan Pengawas Pemilu sudah mengaktifkan Panitia Pengawas Pilkada 2020, khususnya di tingkat Kecamatan, serta Kelurahan/Desa. Panwas tingkat kecamatan dan kelurahan mulai aktif hari ini, Minggu (14/6). Hal ini dibenarkan anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar.

“Benar (telah diaktifkan),” ucap Fritz kepada Liputan6.com, Minggu (14/6/2020).

Dia pun memberikan dasar pengaktifan tersebut melalui Surat Edaran Bawaslu Nomor 0197/K.Bawaslu/TU.00.01/VI/2020 tentang Pengaktifan Kembali Panwaslu Kecamatan fab Panwaslu Kelurahan/Desa Dalam Rangka Pilkada 2020.

“Bawaslu Kabupaten/Kota agar mengaktifkan kembali Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa sebelum tanggal 15 Juni 2020,” tulis salah satu surat edaran tersebut.

Setelah mengaktifkan pengawas, Fritz juga menyebut pihaknya sekarang akan melakukan pengawasan terhadap tahapan Pilkada 2020.

“Melakukan pengawasan tahapan. Sekaligus membuat rencana kerja untuk melakukan pengawasan tahapan mutakhir dan verifikasi pencalonan,” ucapnya.

Bawaslu Solo Aktifkan Panwas

Bawaslu Kota Solo mulai mengaktifkan Panitia Pengawas Kecamatan (panwascam) dan panitia pengawas kelurahan, setelah non aktif selama 2 bulan sejak April lalu.

“Mulai hari ini Panwascam dan Panwaskel kita aktifkan kembali. Karena akan ada tahapan Pilkada 2020 yang dimulai pertengahan bulan ini,” ujar Ketua Bawaslu Solo Budi Wahyono, Minggu (14/6).

Menurut Budi, pengaktifan tersebut dilaksanakan setelah dilakukan koordinasi secara daring dengan Bawaslu Propinsi Jawa Tengah, Sabtu malam.

Untuk Jawa Tengah, lanjut Budi, Kabupaten Purworejo dan Kota Solo memiliki tahapan awal verifikasi faktual terhadap Syarat dukungan bakal calon perseorangan.

“Tahapan awal verifikasi faktual akan dimulai 24 Juni mendatang,” katanya.

Terkait kesiapan, pihaknya telah melakukan peningkatan kapasitas personel dan dukungan Alat Pelindung Diri (APD). Hal tersebut merupakan persyaratan mutlak dalam kegiatan pengawasan  di tengah pandemi covid-19.

Menurut Budi, pengaktifan kembali Panwascam dan Panwaskel tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bawaslu nomer 1097 tahun 2020. Jajaran panwas tingkat kecamatan dan kelurahan akan diaktifkan kembali paling lambat sebelum 15 Juni.

“Maka hari ini nanti dilaksanakan pengaktifan kembali Panwascam dan Panwaskel di Kota Solo. Tidak Pergantian Antar Waktu (PAW) baik itu di tingkat kecamatan maupun Kelurahan,” katanya.(yaya)