Remdesivir diklaim efektif mengobati Covid-19

fokusmedan : Dr dr Delyuzar M.Ked (PA) Sp.PA (K) menyebutkan Remdesivir efektif dipakai untuk pengobatan Covid-19.

Hal itu disampaikannya, Sabtu (6/6) bertepatan dengan Seminar Internasional, sehubungan Halal bil halal Majelis Wilayah KAHMI (KORPS Alumni HMI) Sumut secara Webiner.

“Setelah melalui tahapan uji coba, FDA di Amerika Serikat merekomendasi Remdesivir sebagai Drug of Choice (plihan utama) untuk Covid-19 dengan gejala yang berat. Obat tersebut akan segera beredar di Indonesia yang lisensinya di pegang oleh Kimia Farma,” sebutnya kepada wartawan, Minggu (7/6).

Dengan begitu, lanjutnya, obat Remdesivir tersebut harganya akan relatif lebih murah di pasaran di Indonesia.

Sementara itu, Profesor Dr Taruna Ikrar M.Pharmacology PhD dari American College Clinical Pharmacology peneliti obat Covid-19 di Amerika Serikat mengatakan, bersamaan dengan itu penemuan vaksin juga terus dilakukan.

“Saat ini ada tujuh vaksin yang sedang melewati uji akhir, sehingga diharapkan pada bulan September 2020 sudah dapat dipakai untuk vaksin pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Seminar yang dibuka oleh Keynote Speaker Dr Ir Akbar Tanjung (Ketua Dewan Penasehat MN KAHMI) menyampaikan, organisasi HMI/KAHMI ini tetap survive meski mengalami berbagai tantangan.

“Tetap semangat menghadapi masalah apa saja termasuk Covid-19. Untuk itu ada tiga kata kunci yang penting menjadi pegangan bagi KAHMI, yaitu optimalisasi peran, konsolidasi organisasi, dan memperkuat perkaderan dalam rangka mencapai masayarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT,” pungkasnya.(riz)