20/04/2024 1:24
NASIONAL

Kepala Gugus Tugas Covid-19 ke DPR: Pemerintah Justru Buat Rakyat Bingung

fokusmedan : Tim Pengawasan DPR terhadap penanganan pandemi Covid-19 menyambangi kantor BNPB, Jakarta Timur, Jumat (8/6). Pada kesempatan itu, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kepala BNPB Doni Monardo menyampaikan masalah selama menangani pandemi kepada anggota dewan.

Doni mengatakan, ada tiga masalah selama menangani pandemi Covid-19. Selain menghadapi penyakit, pihaknya menghadapi masalah birokrasi di pemerintahan dan ego sektoral.

“Inilah saya katakan tadi kita punya tiga persoalan, pertama penyakitnya covid, kedua birokrasi kita tidak terintegrasi, ego sektoral, yang ketiga pemerintah,” ujarnya dilihat dari siaran media sosial resmi DPR, Jumat (8/6).

Singgung Kebijakan Menhub

Doni menyinggung kebijakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang membuka akses transportasi kembali. Menurutnya apa yang disampaikan Menhub belum tentu salah.

“Yang disampaikan Pak Budi Karya belum tentu salah. Tetapi mohon maaf pemerintahnya malah justru membuat rakyat bingung,” kata dia.

Adapun dia bicara demikian karena pemerintah daerah banyak mengeluhkan tak bisa mengirim spesimen Covid-19 karena kesulitan pengiriman. Sementara di sisi lain, ada yang protes tak bisa lockdown dan PSBB diminta tak ada transportasi beroperasi.

“Pak Doni sudah sekian hari spesimen, tidak bisa dikirim sudah prosesnya lambat ditambah lagi keadaan transportasi kita tidak akan pernah bisa menyelesaikan Covid ini. Bagaimana kita bisa dapat data,” ucapnya.(yaya)