26/04/2024 1:52
NASIONAL

Kapolda Sumut pantau Pos Check Point di Perbatasan Sumut-Aceh terkait larangan mudik

fokusmedan : Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin melakukan pemantauan kesiapan pos check point perbatasan Sumut-Aceh di Padang Halaban Besitang, Kabupaten Langkat, Rabu (29/4).

Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait pelarangan mudik Idul Fitri 2020 untuk memutus penyebaran mata rantai Covid-19.

Selain melakukan pemantauan, Kapolda Sumut juga mengecek kesiapan anggota dalam melaksanakan pengamanan yang dilakukan oleh aparat gabungan dari Polri, TNI maupun petugas kesehatan.

Ia mengatakan, kedatangannya bersama rombongan untuk mengecek kesiapan personel dalam melakukan razia baik kendaraan maupun masyarakat yang masuk dan keluar dari wilayah Sumut, sesuai Permenhub RI No 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain perbatasan Sumut-Aceh, Martuani juga telah memerintahkan Kasatwil untuk mengecek perbatasan Sumut-Sumbar.

“Saya minta agar seluruh personel yang berjaga dan melakukan pemeriksaan melaksanakan secara persuasif dan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti mengecek suhu tubuh. Selain itu personil tetap menggunakan APD lengkap untuk menghindari penularan virus corona,” tegasnya.

Ia juga meminta agar unsur Forkopimda Kabupaten Langkat mengingatkan anggotanya masing-masing untuk mentaati protokol kesehatan dan selalu jaga kebersihan dengan rajin cuci tangan menggunakan sabun.

Ia juga mengingatkan agar selalu menggunakan masker saat keluar rumah, mengurangi aktivitas yang dapat menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak serta rajin berjemur guna mencegah penyebaran virus corona.

“Semoga wabah virus corona ini segera berakhir bila seluruh masyarakat disiplin menaati anjuran dari pemerintah. Setiap kendaraan maupun masyarakat yang masuk harus diperiksa dengan baik namun tetap sopan dan humanis karena ini operasi kemanusiaan. Kita harus bekerja sama menjaga masyarakat Sumut dari paparan virus corona,” pungkasnya.(riz)